ETF Bitcoin BlackRock Mencetak Rekor dengan Memegang 100 Ribu BTC!

author:

ETF Bitcoin BlackRock Mencetak Rekor dengan Memegang 100 Ribu BTC!

Dalam sebuah gebrakan yang mengejutkan industri keuangan, ETF (Exchange-Traded Fund) Bitcoin milik BlackRock, iShares Bitcoin Trust (IBIT), telah mencatatkan rekor dengan mengelola lebih dari 100.000 BTC.

Fenomena ini tidak hanya menandai pencapaian signifikan bagi BlackRock tetapi juga menunjukkan gelombang baru kepercayaan dan adopsi terhadap Bitcoin di kalangan investor institusional.

Rekor Baru BlackRock: 100.000 BTC dan Terus Bertambah

IBIT BlackRock telah mengumpulkan 105.280 BTC pada 13 Februari, menjadikannya ETF Bitcoin spot pertama di Amerika Serikat yang mencapai 100.000 BTC dalam aset yang dikelola hanya dalam 22 hari perdagangan.

Baca juga: Gelombang Baru di Pasar Keuangan: ETF Bitcoin Mengguncang Dominasi Emas!

etf bitcoin blackrock
ETF Bitcoin mengalir dalam dolar AS – Sumber: Farside Investors

Kenaikan ini menunjukkan pertumbuhan aset di bawah manajemen lebih dari 3.700% sejak debut IBIT pada Januari, dari hanya 2.621 BTC menjadi 100.000 BTC.

Pencapaian ini menempatkan BlackRock di garis depan inovasi keuangan, dengan iShares Bitcoin ETF menjadi salah satu dari sembilan ETF Bitcoin spot yang terus meningkatkan kepemilikannya sejak peluncuran. Ini menandai era baru dalam adopsi Bitcoin oleh lembaga keuangan besar.

Dampak Terhadap Pasar Bitcoin

Inflow besar-besaran ke ETF Bitcoin BlackRock telah mendorong harga Bitcoin melewati $51.000 untuk pertama kalinya sejak November 2021, dengan Bitcoin kembali mencapai status aset triliunan dolar.

Pertumbuhan ini didorong oleh inflow harian rekor ke ETF Bitcoin spot, yang mencapai total $631,3 juta, dengan $493 juta mengalir ke iShares Bitcoin ETF saja.

Kenaikan tajam ini menunjukkan bahwa BlackRock mungkin mengalami kesulitan untuk memenuhi permintaan masif yang masuk ke iShares Bitcoin ETF, dengan beberapa spekulasi bahwa BlackRock harus membeli BTC dari Coinbase untuk memenuhi kebutuhan. Ini menandakan tingkat adopsi dan minat yang belum pernah terjadi sebelumnya terhadap Bitcoin di kalangan investor institusional.

Baca juga: Bitcoin Melonjak 6% Sentuh Rp824 Juta, Kenapa Harga BTC Naik Hari Ini? (15/2/24)

Masa Depan Bitcoin dan ETF

Dengan BlackRock memimpin jalan, masa depan Bitcoin tampak semakin cerah. Keberhasilan ETF Bitcoin BlackRock menunjukkan bahwa Bitcoin tidak hanya diterima oleh investor ritel tetapi juga oleh lembaga keuangan terbesar di dunia. Ini menandai pergeseran paradigma dalam cara Bitcoin dipersepsikan di pasar keuangan global.

Ketika lebih banyak lembaga mengikuti jejak BlackRock, kita dapat mengharapkan adopsi Bitcoin yang lebih luas dan integrasi lebih dalam ke dalam sistem keuangan tradisional. Ini bukan hanya kemenangan bagi BlackRock atau Bitcoin, tetapi juga untuk ekosistem crypto secara keseluruhan.

Secara keseluruhan, dengan BlackRock sekarang mengelola aset Bitcoin yang signifikan, dan harga Bitcoin yang terus menunjukkan kekuatan, kita berada di ambang babak baru dalam evolusi crypto.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi:

*Featured Image: Generated by AI