ETF Bitcoin BlackRock Capai 69 Hari Aliran Masuk di Hari Halving pada 20 April 2024!

ETF Bitcoin BlackRock Capai 69 Hari Aliran Masuk di Hari Halving pada 20 April 2024!

Jakarta, Pintu News – Dunia kripto diramaikan dengan berbagai meme Bitcoin karena salah satu kisah sukses terbesar tahun ini menambah kesan takdir seputar halving tahun 2024. Mari kita menyelami lebih dalam fenomena menarik ini dan menjelajahi implikasi potensinya bagi pasar kripto!

Halving Bitcoin yang Penuh Meme

halving bitcoin penuh meme
Sumber: Akun X Eric Balchunas

Meskipun pergerakan harga BTC cenderung datar pada halving kali ini, waktunya membuat beberapa orang merasa bahwa semuanya sudah ditakdirkan. Dalam sebuah posting di X (sebelumnya Twitter), Eric Balchunas, seorang analis ETF khusus di Bloomberg Intelligence, mengungkapkan sebuah kebetulan yang aneh pada hari halving.

Tidak hanya acara penting itu terjadi pada tanggal 20 April — “4/20,” tanggal meme utama itu sendiri — tetapi ETF spot Bitcoin terbesar di Amerika Serikat mencatat 69 hari aliran masuk berturut-turut.

ibit
Sumber: Akun X Eric Balchunas

ETF Bitcoin telah mengalami perlambatan aliran masuk yang nyata sejak mencapai puncaknya pada bulan Maret. Meskipun demikian, iShares Bitcoin Trust (IBIT) milik BlackRock, ETF terbesar berdasarkan aset yang dikelola, belum pernah mengalami aliran keluar satu hari pun.

Data terbaru yang mencakup aliran ETF, termasuk dari perusahaan investasi yang berbasis di Inggris Raya, Farside, sementara itu menunjukkan momentum yang secara tentatif kembali menjelang akhir minggu lalu. Pada tanggal 19 April, IBIT menerima sedikit di bawah $30 juta, sedangkan ETF terbesar kedua, yang dioperasikan oleh Fidelity Investments, berhasil mengumpulkan hampir $55 juta.

Baca Juga: ETF Bitcoin Spot Dinilai ‘Lebih Unggul’ Dibandingkan ETF Emas, Kok Bisa?

Kinerja ETF Bitcoin Membagi Pendapat

kinerja etf bitcoin
Sumber: Akun X Jim Bianco

Sementara itu, pengajuan formulir 13F baru-baru ini telah menimbulkan kekhawatiran bahwa ETF Bitcoin belum berhasil menembus mayoritas arus utama. Membahas data alokasi kuartal pertama, Jim Bianco, pencipta perusahaan riset makro Bianco Research, menggambarkannya sebagai “kekecewaan.”

“Keuntungan yang belum terealisasi menyusut dengan cepat,” tambahnya dalam utas X tentang keuntungan investor ETF versus pergerakan harga BTC saat ini. Menanggapi hal ini, Balchunas menyarankan bahwa manajer aset akan memperlakukan produk seperti “saus pedas.”

Baca Juga: ProShares: ETF Bitcoin Futures dan Spot Bisa Hidup Berdampingan

Aliran Masuk ETF Bitcoin Menunjukkan Minat yang Berkelanjutan

Meskipun ada beberapa kekhawatiran tentang kurangnya penetrasi arus utama, aliran masuk ETF Bitcoin yang berkelanjutan menunjukkan minat yang kuat terhadap aset digital. Halving Bitcoin berikutnya, yang dijadwalkan pada tahun 2024, dapat memberikan dorongan lebih lanjut untuk adopsi ETF Bitcoin, karena investor mencari cara untuk mendapatkan eksposur ke pasar kripto yang sedang berkembang.

Secara keseluruhan, kinerja ETF Bitcoin sejauh ini beragam, dengan beberapa periode aliran masuk dan keluar yang signifikan. Namun, aliran masuk baru-baru ini menunjukkan bahwa minat terhadap ETF Bitcoin tetap kuat, dan halving berikutnya dapat menjadi katalis untuk pertumbuhan lebih lanjut.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi