BlackRock Belum Dapatkan Izin ETF Bitcoin, Harga Bitcoin Bergolak!

author:

BlackRock Belum Dapatkan Izin ETF Bitcoin, Harga Bitcoin Bergolak!

Kabar yang beredar di media sosial mengenai persetujuan ETF Bitcoin oleh BlackRock ternyata belum benar. BlackRock membantah rumor tersebut dan mengonfirmasi bahwa aplikasi mereka untuk ETF Bitcoin masih dalam proses peninjauan oleh Komisi Sekuritas dan Bursa (SEC).

BlackRock dan Proses Peninjauan SEC

BlackRock, salah satu raksasa keuangan dunia, mengajukan permohonan untuk ETF Bitcoin dan saat ini masih menunggu persetujuan dari SEC. Meski rumor beredar bahwa aplikasi mereka telah disetujui, juru bicara BlackRock membantahnya dan mengatakan bahwa aplikasi iShares Bitcoin mereka masih dalam proses peninjauan.

Baca juga: Edward Snowden: Fokus pada Fundamental Bitcoin, Bukan Harga!

SEC sendiri belum memberikan komentar terkait hal ini. Bulan lalu, SEC mengumumkan bahwa mereka akan melakukan proses peninjauan tambahan untuk menentukan apakah ETF Bitcoin yang diajukan oleh beberapa nama besar seperti BlackRock, Invesco, Valkyrie, dan Fidelity harus disetujui atau ditolak.

Proses ini tampaknya akan memakan waktu setidaknya satu bulan lagi.

Dampak Rumor pada Harga Bitcoin

Rumor mengenai persetujuan ETF Bitcoin oleh BlackRock berdampak signifikan pada harga Bitcoin. Harga crypto terbesar di dunia ini melonjak mendekati $30,000 segera setelah rumor tersebut beredar.

harga bitcoin hari ini
Grafik harga Bitcoin dari CoinGecko

Namun, setelah kabar tersebut dibantah, harga Bitcoin turun dari puncaknya dan saat ini diperdagangkan di kisaran $28,003.

Rumor tersebut muncul beberapa hari setelah SEC mengumumkan bahwa mereka tidak berencana untuk banding atas putusan pengadilan Agustus yang memerintahkan mereka untuk mempertimbangkan kembali permohonan dari Grayscale Investments untuk mengubah dana unggulan mereka, GBTC, menjadi ETF Bitcoin.

Meski industri crypto menunggu dengan harap-harap cemas persetujuan ETF Bitcoin pertama, masih banyak hal yang harus terjadi sebelum ETF ini benar-benar bisa diluncurkan. Keputusan SEC untuk tidak banding atas kasus Grayscale tidak secara otomatis berarti bahwa regulator tersebut berencana untuk menyetujui ETF Bitcoin.

Pada akhirnya, kabar persetujuan ETF Bitcoin oleh BlackRock belum benar, optimisme masih tinggi bahwa persetujuan akan datang lebih cepat atau lambat. Namun, untuk saat ini, kamu harus berhati-hati dengan rumor dan berita yang belum terkonfirmasi karena dapat mempengaruhi pergerakan harga.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: