ESMA Rilis Kertas Konsultatif Pertama Tentang MiCA, Apa Isinya?

ESMA Rilis Kertas Konsultatif Pertama Tentang MiCA, Apa Isinya?

Otoritas Sekuritas dan Pasar Eropa (ESMA), regulator pasar Uni Eropa, telah merilis kertas konsultatif mengenai mandat Pasar dalam Aset Crypto (MiCA) pada 12 Juli 2023. Ini adalah paket konsultatif pertama dari tiga yang diharapkan untuk diterbitkan oleh lembaga tersebut dan berfokus pada spesifikasi teknis untuk penyedia layanan aset crypto (CASP). Simak berita lengkapnya berikut ini!

Persyaratan Baru Bagi Penyedia Layanan Aset Crypto

regulasi mica baru
Sumber: Akun Twitter ESMA

Dilansir dari Cointelegraph, CASP yang telah memiliki lisensi dianggap di bawah MiCA secara umum mampu memberikan layanan aset crypto.

Namun, mereka akan diwajibkan untuk memberikan informasi tambahan dalam bentuk pemberitahuan kepada otoritas kompeten nasional (NCA) di negara tempat mereka terdaftar.

Kertas ini mencari feedback tentang standar teknis peraturan dan standar teknis pelaksanaan untuk pemberitahuan dari CASP.

Baca Juga: Transaksi Stablecoin MiCA Dirasa Menghambat Adopsi Crypto, Begini Kata Pengacara!

Konsultasi Terbuka Untuk Standar dan Peraturan

ESMA juga meminta feedback mengenai standar peraturan dan teknis untuk aplikasi otorisasi CASP, penanganan keluhan, serta manajemen dan pencegahan konflik kepentingan.

Terakhir, komentar dibuka untuk standar teknis regulator ESMA tentang pengungkapan kepada NCA oleh entitas yang berencana untuk memperoleh saham di CASP.

Baca Juga: Gubernur Bank of France Desak MICA 2, Regulasi Khusus Konglomerat Crypto?

Periode Tanggapan dan Paket Konsultatif Berikutnya

mica roadmap
Sumber: Akun Twitter ESMA

Tanggapan terhadap kertas ini harus disampaikan paling lambat pada 20 September. Draft dari standar yang telah disempurnakan akan diajukan ke Komisi Eropa pada 30 Juni 2024, sesuai mandat MiCA. Paket konsultatif kedua akan dirilis pada Oktober dan ketiga pada kuartal pertama 2024, sesuai dengan tenggat waktu yang ditetapkan untuk ESMA dalam MiCA.

Selain meminta feedback, ESMA juga menanyakan empat pertanyaan umum kepada responden dengan tujuan untuk mengumpulkan lebih banyak wawasan tentang aktivitas saat ini dan rencana mereka, sebagai bagian dari upaya pemahaman pasar aset crypto UE dan perkembangan masa depannya. MiCA, yang telah disetujui oleh Parlemen Eropa pada 20 April 2023, akan mulai diberlakukan dalam 3 tahap pada 2024 dan 2025.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca

Referensi: