Terobosan Regulasi Crypto di Uni Eropa: ESMA Rampungkan Laporan MiCA!

author:

Terobosan Regulasi Crypto di Uni Eropa: ESMA Rampungkan Laporan MiCA!

Jakarta, Pintu News – Dalam langkah signifikan menuju regulasi aset crypto yang lebih terstruktur di Uni Eropa, Otoritas Pasar dan Sekuritas Eropa (ESMA) baru saja merilis laporan terakhir mereka tentang Regulasi Pasar dalam Aset Crypto (MiCA).

Laporan ini menandai tahap akhir dari upaya ESMA untuk menciptakan lingkungan yang aman dan teratur untuk aset crypto di UE.

Selain itu, ESMA juga memulai fase konsultasi ketiga, mengundang para pemangku kepentingan untuk memberikan komentar mereka terhadap aturan dan pedoman yang telah dikembangkan.

Perkembangan Laporan Akhir ESMA

Laporan akhir ESMA tentang regulasi MiCA memberikan gambaran rinci tentang kerangka kerja regulasi untuk aset crypto.

Baca juga: Skandal Binance dan Keruntuhan FTX: Bukti Kuat Perlunya Regulasi MiCA!

Laporan ini mencakup rekomendasi menyeluruh mengenai kebutuhan informasi bagi perusahaan yang mencari izin di bawah MiCA, menekankan perlunya perusahaan menunjukkan niat untuk menyediakan layanan crypto dan memegang aset crypto.

Selain itu, laporan tersebut merinci proses yang harus digunakan penyedia layanan untuk menangani keluhan dengan tepat, sehingga memastikan tingkat perlindungan konsumen yang lebih tinggi di area aset crypto.

Laporan akhir ini telah disampaikan kepada Komisi Eropa dan membuka jalan untuk penerapan regulasi ini di seluruh blok 27 anggota.

Penguatan Integritas Pasar dan Perlindungan Konsumen

Implementasi regulasi MiCA merupakan langkah besar menuju penciptaan sistem regulasi yang seragam untuk aset crypto di UE.

ESMA bertujuan untuk memperkuat integritas pasar aset crypto dan meningkatkan perlindungan konsumen dengan menetapkan standar yang jelas untuk otorisasi, deteksi penyalahgunaan pasar, dan ketahanan operasional.

Langkah-langkah ini sangat relevan mengingat perkembangan cepat dan kompleksitas yang meningkat dari segmen aset crypto, yang memerlukan pendekatan regulasi yang fleksibel dan adaptif.

Baca juga: Regulasi MiCA: Pemicu Gelombang Baru Investasi Crypto di Uni Eropa!

Keterlibatan dan Umpan Balik dari Pemangku Kepentingan

Komitmen ESMA terhadap proses regulasi yang inklusif terlihat dari undangannya untuk komentar publik terhadap aturan dan pedoman yang baru diusulkan.

Dengan melibatkan berbagai pemangku kepentingan, termasuk peserta industri, kelompok advokasi konsumen, dan masyarakat umum, ESMA berupaya mengumpulkan perspektif dan wawasan yang beragam yang akan menginformasikan finalisasi regulasi MiCA.

Pendekatan kolaboratif ini memastikan bahwa kerangka kerja regulasi tidak hanya komprehensif tetapi juga selaras dengan realitas pasar aset crypto.

Secara keseluruhan, laporan terakhir ESMA tentang MiCA menandai titik penting dalam evolusi regulasi aset crypto di UE, menyoroti pentingnya kerangka kerja yang terstruktur dan aman bagi pengembangan industri ini.

Seiring berjalannya waktu, akan menarik untuk melihat bagaimana regulasi ini mempengaruhi dinamika pasar dan inovasi dalam ekosistem crypto.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi:

*Featured Image: Boxmining