ERC-404: Standar Token Ethereum Baru yang Menggabungkan NFT dan Kripto!

author:

ERC-404: Standar Token Ethereum Baru yang Menggabungkan NFT dan Kripto!

Dunia aset digital kembali dihebohkan dengan hadirnya standar token Ethereum baru yang disebut ERC-404.

Standar token ini menggabungkan fungsionalitas token yang dapat dipertukarkan (fungible token) dan token yang tidak dapat dipertukarkan (non-fungible token/NFT) menjadi satu kesatuan.

Hal ini membuka peluang baru yang menarik bagi para pengembang dan investor aset digital.

Standar Token ERC-404: Perpaduan Fungible dan Non-Fungible Token

ethereum erc-404
Sumber: X

ERC-404 adalah standar token eksperimental yang dikembangkan oleh sekelompok pengembang anonim di bawah proyek Pandora. Standar token ini memungkinkan pengembang untuk membuat aset digital yang memiliki karakteristik gabungan antara fungible token dan NFT.

Baca juga: Ethereum Capai Tonggak Baru, 25% dari Total Pasokan ETH Kini Telah Di-staking!

Dengan demikian, aset digital ERC-404 dapat diperdagangkan secara bebas di pasar terbuka seperti halnya fungible token, namun juga memiliki keunikan dan kelangkaan seperti NFT.

Salah satu keunggulan utama ERC-404 adalah kemampuannya untuk memecah NFT menjadi pecahan-pecahan yang lebih kecil. Hal ini memungkinkan kepemilikan sebagian dari NFT, yang sebelumnya tidak memungkinkan karena NFT bersifat unik dan tidak dapat dibagi.

Dengan adanya ERC-404, kepemilikan NFT menjadi lebih fleksibel dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan investor.

Adopsi Awal ERC-404 oleh Proyek Pandora dan DeFrogs

Sejak diluncurkan, standar token ERC-404 telah menarik perhatian banyak pengembang dan proyek aset digital. Salah satu proyek yang paling awal mengadopsi ERC-404 adalah Pandora.

pandora erc-404
Sumber: X

Proyek ini telah meluncurkan koleksi NFT yang disebut Replicants, di mana setiap Replicant dikaitkan dengan token PANDORA yang berbasis ERC-404. Replicants ini diperdagangkan di pasar OpenSea dengan harga yang bervariasi, mulai dari 11 hingga 100 ETH.

Selain Pandora, proyek lain yang juga mengadopsi ERC-404 adalah DeFrogs. Proyek ini telah meluncurkan koleksi NFT yang disebut DeFrogs, yang juga dapat dipecah menjadi pecahan-pecahan yang lebih kecil.

DeFrogs diperdagangkan di pasar OpenSea dengan harga yang bervariasi, mulai dari 0,1 hingga 1 ETH.

Baca juga: Upgrade Ethereum Dencun Berhasil Melewati Fase Testnet Holesky, Apa Selanjutnya?

Potensi ERC-404 dan Dampaknya terhadap Ethereum

Adopsi awal ERC-404 oleh proyek-proyek seperti Pandora dan DeFrogs menunjukkan potensi besar dari standar token ini.

Dengan menggabungkan fungsionalitas fungible token dan NFT, ERC-404 membuka peluang baru untuk menciptakan aset digital yang inovatif dan menarik. Hal ini diharapkan dapat mendorong lebih banyak pengembang dan proyek untuk mengadopsi ERC-404, yang pada akhirnya akan berdampak positif terhadap pertumbuhan ekosistem Ethereum.

Jika ERC-404 berhasil mendapatkan penerimaan yang luas, hal ini dapat meningkatkan permintaan terhadap token Ethereum (ETH) karena semakin banyak proyek yang dibangun di atas platform Ethereum.

Selain itu, ERC-404 juga dapat menarik lebih banyak investor dan pengguna baru ke dalam ekosistem Ethereum, yang akan semakin memperkuat posisi Ethereum sebagai platform blockchain terkemuka.

ERC-404 merupakan standar token Ethereum baru yang memiliki potensi besar untuk mengubah lanskap aset digital. Dengan menggabungkan fungsionalitas fungible token dan NFT, ERC-404 memungkinkan pengembang untuk menciptakan aset digital yang inovatif dan menarik.

Adopsi awal ERC-404 oleh proyek-proyek seperti Pandora dan DeFrogs menunjukkan bahwa standar token ini memiliki masa depan yang cerah. Jika ERC-404 berhasil mendapatkan penerimaan yang luas, hal ini dapat berdampak positif terhadap pertumbuhan ekosistem Ethereum dan meningkatkan permintaan terhadap token Ethereum (ETH).

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi:

*Featured Image: Coin News