Sebelumnya Bikin Game Fortnite, Epic Games Luncurkan ‘Verse’ Bahasa Pemrograman Metaverse!

Sebelumnya Bikin Game Fortnite, Epic Games Luncurkan ‘Verse’ Bahasa Pemrograman Metaverse!

Dilansir dari Geek Metaverse, Epic Games, perusahaan video game dan software developer yang berbasis di Carolina Utara, memperluas kampanye metaverse-nya ke dunia pemrograman. Pasalnya, Epic Games yang juga bagian dari developer Unreal Engine, telah meluncurkan ‘Verse’, bahasa pemrograman web3 baru untuk metaverse.

Menurut Geek Metaverse, meskipun beberapa platform metaverse didasarkan pada web2, teknologi utama yang mendasari dan yang mempercepat pengembangan ruang virtual 3D dengan dunia interaktif adalah web3. Ingin tahu seperti apa bahasa pemrograman ‘Verse’ yang diluncurkan oleh Epic Games? Simak berita lengkapnya berikut ini!

Epic Games Luncurkan Bahasa Pemrograman ‘Verse’

Epic Games Luncurkan Bahasa Pemrograman ‘Verse’
Sumber: Wallpaper Abyss

Epic Games telah membuat Verse menjadi open source serta platform teknologi web2 3D-nya. Bahasa web3 baru ini menggunakan logika fungsional seperti Curry dan Mercury. Verse bergabung dengan daftar besar bahasa pemrograman web3, termasuk Solidity, Clarity, Rust, dan lainnya.

Sumber: Akun Youtube Skills Matter

Menurut presentasi yang disampaikan oleh Simon Peyton Jones, Tim Sweeney Lennart Augustsson, Koen Claessen, Ranjit Jhala dan Olin Shivers dari Epic Games, yang diunggah oleh akun Youtube Skills Matter yang memiliki lebih dari 11.000 subscribers, Verse berfokus pada 5 prinsip utama yang diyakini perusahaan sebagai dasar untuk membangun metaverse.

Baca Juga: NFT Belum Mati? Lebih Dari 5 Juta Avatar NFT Polygon Tercetak di Reddit!

5 Prinsip Utama ‘Verse’ Untuk Membangun Metaverse

5 Prinsip Utama ‘Verse’ Untuk Membangun Metaverse
Sumber: Freepik

Dikutip dari video presentasi sebelumnya, prinsip yang pertama adalah Verse berfokus untuk menciptakan interaksi sosial dalam lingkungan 3D bersama secara real-time.

Prinsip kedua, bahasa pemrograman ini juga akan mendukung ekonomi terbuka yang diatur oleh aturan dan tanpa overhead perusahaan.

Prinsip yang ketiga, produk open source akan tersedia bagi para seniman, designer dan programmer. Lalu, prinsip yang keempat, Verse lebih dari sekedar kumpulan aplikasi yang dikompilasi secara terpisah dan terhubung secara statis.

Prinsip terakhir, Verse juga bertujuan untuk mendukung konten yang dapat dioperasikan dengan pembaruan langsung dari kode yang sedang berjalan, sambil memanfaatkan standar operasi dari beberapa mesin game, termasuk Unity.

Dilansir dari Geek Metaverse, Epic Games juga mengatakan bahwa Verse berencana untuk membuat kemajuan paling besar dalam skalabilitas, interoperabilitas, dan kecepatan transaksi yang dapat dilakukan.

Referensi: