Revolusi Digital: Enjin Pindahkan 200 Juta NFT ke Blockchain Sendiri!

Revolusi Digital: Enjin Pindahkan 200 Juta NFT ke Blockchain Sendiri!

Dalam dunia crypto yang terus berkembang, Enjin telah membuat langkah besar dengan memindahkan lebih dari 200 juta NFT dari Ethereum dan JumpNet ke blockchain miliknya sendiri. Langkah ini diharapkan akan membawa perubahan signifikan dalam cara pengguna berinteraksi dengan NFT dan membuka peluang baru bagi pengembang game. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Migrasi Massal NFT Enjin

Enjin, platform NFT terkemuka, telah berhasil memindahkan sejumlah besar NFT, yang mencakup lebih dari 118 juta NFT dari Ethereum dan lebih dari 101 juta dari sidechain JumpNet. Migrasi ini dilakukan ke jaringan utama Enjin yang disebut Enjin Blockchain. Dengan penciptaan blockchain sendiri yang diumumkan pada Juni lalu, Enjin mengintegrasikan fitur-fitur yang berfokus pada NFT, seperti transfer NFT dan penegakan royalti, langsung ke dalam kode dasar blockchain.

Pengguna kini akan merasakan beberapa perubahan, termasuk royalti yang terintegrasi dan fitur baru yang disebut “Fuel Tanks”. Fitur ini memungkinkan pengembang untuk mensubsidi biaya gas bagi pengguna. Enjin berencana menggunakan fitur ini untuk memberikan transaksi gratis di ekosistemnya selama tiga bulan ke depan.

Baca Juga: Platform NFT, Enjin, Menyatukan Polkadot Parachain dan Luncurkan Blockchain Baru!

Manfaat Baru bagi Pengembang dan Pemain

contoh migrasi enjin
Contoh NFT yang dimigrasikan ke Blockchain Enjin. Sumber: Enjin

Transisi ke blockchain Enjin membawa berbagai keuntungan, termasuk biaya transaksi yang rendah, hanya $0,005 per transaksi. Blockchain ini mampu menangani hingga 5.000 transaksi per detik dan dapat mencetak hingga 2.000 NFT dalam satu transaksi. Ini merupakan langkah strategis Enjin untuk menarik lebih banyak pengembang dan pemain ke dalam ekosistem Web3.

Selain itu, Enjin Blockchain, yang merupakan fork khusus NFT dari Polkadot Network, bertujuan untuk mengatasi tantangan skalabilitas. Dengan adanya rencana untuk memungkinkan game dan aplikasi meluncurkan rantai Layer 1 mereka sendiri, interoperabilitas dalam ekosistem Enjin Blockchain akan semakin meningkat.

Baca Juga: Enjin Blockchain Siap Meluncur Besok, Ini yang Perlu Kamu Ketahui!

Proses Klaim NFT yang Mudah

Oscar Franklin Tan, CFO Atlas yang merupakan kontributor Enjin, menjelaskan bahwa untuk menghindari “jumlah biaya gas yang luar biasa” dalam migrasi NFT, Enjin mengambil pendekatan yang berbeda. Proses ini memungkinkan pengguna untuk mengklaim NFT mereka tanpa membayar biaya gas.

Namun, NFT yang lama masih akan ada di jaringan sebelumnya, sehingga pencipta harus meminta pemegang untuk tidak memperdagangkannya lagi dan menganggap versi Enjin Blockchain sebagai versi resmi.

Migrasi NFT Enjin yang monumental ini tidak hanya mencatatkan sejarah sebagai migrasi NFT terbesar, tetapi juga menandai era baru dalam ekosistem crypto. Dengan langkah ini, Enjin berpotensi mengubah cara kamu berinteraksi dengan NFT dan membuka jalan bagi inovasi lebih lanjut dalam industri game dan teknologi blockchain.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: