Energy Web Luncurkan Serfitikasi untuk Penambangan Bitcoin, Apa Saja Syaratnya?

author:

Energy Web Luncurkan Serfitikasi untuk Penambangan Bitcoin, Apa Saja Syaratnya?

Organisasi nirlaba “Energy Web” baru-baru ini memulai revolusi baru dalam pertambangan Bitcoin dengan meluncurkan GB4BTC, sebuah program sertifikasi yang dirancang untuk mendorong pertambangan Bitcoin yang lebih berkelanjutan.

Langkah ini diambil sejalan dengan kepedulian yang semakin meningkat terhadap dampak lingkungan dari pertambangan crypto.

Energy Web dan Inisiatifnya untuk Pertambangan Bitcoin yang Lebih Berkelanjutan

Twitter

Pada 24 Mei 2023, melalui sebuah cuitan di Twitter, Energy Web, organisasi nirlaba yang berdedikasi untuk mempromosikan teknologi blockchain ramah lingkungan.

Melalui inisiatif barunya yang disebut “GB4BTC”, mereka berusaha mendorong pertambangan Bitcoin yang lebih berkelanjutan dan ramah lingkungan.

GB4BTC, atau Green Bitcoin for Bitcoin, adalah program sertifikasi yang memvalidasi bahwa Bitcoin ditambang menggunakan energi terbarukan. Tujuan utama dari inisiatif ini adalah untuk membantu mengurangi dampak lingkungan dari pertambangan Bitcoin.

Menurut laporan Coindesk, Argo Blockchain (ARBK), Cowa, DMG Blockchain (DMG) dan Gryphon Digital Mining dan Hive Blockchain (HIVE) telah disertifikasi pada saat peluncuran.

Baca juga: Rangkul Penambangan Bitcoin Ramah Lingkungan, Texas Buat RUU Emisi Gas Suar

Bagaimana Cara Kerja GB4BTC?

Amy Westervelt, Senior Delivery Lead dan Kepala inisiatif CP4BTC di Energy Web, menjelaskan bahwa registri untuk sertifikasi ini dapat direferensikan oleh berbagai organisasi berdasarkan kinerja para penambang. Proyek ini dirancang untuk memberikan transparansi dan akuntabilitas dalam industri penambangan Bitcoin (BTC).

Selain itu, ia menambahkan,

“Meskipun para penambang terkemuka mengejar strategi untuk mengurangi jejak karbon mereka, industri ini tidak memiliki definisi pemersatu tentang penambangan berkelanjutan, serta kerangka kerja bersama untuk menilai dan memverifikasi praktik keberlanjutan para penambang. Green Proofs for Bitcoin berusaha untuk menyediakan hal ini.”

GP4BTC akan menilai penambang Bitcoin berdasarkan dua metrik yang memperhitungkan campuran energi yang mereka gunakan, yakni pembelian kredit energi terbarukan (REC) dan partisipasi mereka dalam program respons permintaan.

REC mewakili kepemilikan atas keberlanjutan listrik yang dihasilkan. Program respons permintaan memungkinkan perusahaan untuk mematikan listrik pada saat permintaan energi puncak.

Lebih lanjut, pendaftarannya gratis untuk saat ini. Energy Web mungkin akan memberlakukan biaya bagi penambang yang ingin mendapatkan sertifikasi atau bagi pengguna yang ingin mengakses data, kata Westervelt.

Dampak GB4BTC Terhadap Industri Pertambangan Bitcoin

Tidak hanya itu, GP4BTC akan terus dikembangkan, mungkin dengan memasukkan metrik penggunaan limbah gas, kata Westervelt.

Peluncuran GB4BTC oleh Energy Web menunjukkan komitmen organisasi tersebut untuk mempromosikan praktik pertambangan Bitcoin yang lebih berkelanjutan dan “hijau”. Inisiatif ini dapat berdampak besar pada industri pertambangan Bitcoin, membantu mempromosikan penggunaan energi terbarukan dan mengurangi dampak lingkungan dari pertambangan Bitcoin.

Baca juga: Volume Penjualan NFT Bitcoin Melonjak Jadi Nomor 2, Bisa Runtuhkan Dominasi Ethereum?

Selain itu, GB4BTC juga dapat membantu meningkatkan citra Bitcoin dan industri kripto secara keseluruhan. Dengan memberikan jaminan bahwa Bitcoin ditambang dengan cara yang ramah lingkungan, ini dapat membantu menarik lebih banyak investor dan pengguna ke dalam ruang crypto.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


Referensi: