Emoji Jadi Indikator Sentimen Pasar Kripto yang Menguntungkan? Ini Penjelasannya!

Emoji Jadi Indikator Sentimen Pasar Kripto yang Menguntungkan? Ini Penjelasannya!

Media sosial telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan kita. Kita menggunakannya untuk tetap terhubung dengan teman dan keluarga, berbagi momen spesial, dan bahkan untuk mendapatkan informasi terbaru. Namun, tahukah Anda bahwa emoji yang kita gunakan di media sosial juga dapat memengaruhi pasar kripto?

Sebuah studi terbaru oleh tim peneliti dari Eropa dan Asia mengeksplorasi kemungkinan memprediksi hasil positif dalam perdagangan pasar kripto menggunakan sentimen emoji di media sosial.

Para peneliti menemukan korelasi antara emoji yang diasosiasikan dengan sentimen positif dan pergerakan pasar positif berikutnya, menunjukkan bahwa wacana media sosial yang optimis dapat bertindak sebagai barometer untuk sentimen pasar. Simak penjelasan lengkapnya berikut ini!

Emoji Tertentu Berkaitan dengan Sentimen Pasar Kripto yang Positif

Para peneliti mengakui bahwa emoji tertentu, seperti emoji roket, umumnya diasosiasikan dengan sentimen positif dan prediksi kinerja dalam komunitas kripto di media sosial.

Para peneliti mengidentifikasi jendela waktu yang optimal untuk menganalisis tren sentimen, menentukan bahwa kecepatan waktu 30 hingga 40 hari menyeimbangkan penangkapan tren sentimen yang berarti dan tetap responsif terhadap perubahan terkini. Dengan sekitar satu bulan data tentang sentimen emoji media sosial dan akses ke GPT-4, para peneliti mampu mengungguli pasar.

Baca Juga: 5 Token Meme yang akan Mendominasi Bull Run Crypto 2024!

Rasa Optimisme yang Mencuat di Media Sosial Menjelang Rebound

Seperti yang dilaporkan, ada rasa optimisme yang kuat di dunia mata uang kripto tahun lalu, dengan lebih dari 65% percakapan di X dan Reddit memancarkan sentimen positif. Dalam kasus Reddit, analisis menunjukkan bahwa 84% diskusi tentang mata uang kripto pada tahun 2023 membawa sentimen positif.

Sentimen media sosial sering kali kuat karena investor ritel sangat bergantung padanya untuk mendapatkan informasi sebelum membuat keputusan investasi.

Baca Juga: PIXEL, Token Game Berbasis Ronin, Meroket ke 10 Besar Kripto Paling Banyak Diperdagangkan!

Strategi Perdagangan Kripto yang Menguntungkan Berdasarkan Sentimen Emoji

emoji dan crypto
Generated by AI

Penelitian ini menunjukkan bahwa strategi perdagangan kripto berdasarkan sentimen emoji dapat menghasilkan keuntungan positif yang melampaui tren pasar pada umumnya. Para peneliti mengembangkan algoritme yang menggunakan analisis sentimen untuk mendorong keputusan perdagangan hari berikutnya.

Jika analisis sentimen menunjukkan sentimen emoji positif untuk hari tertentu, tim akan membeli Bitcoin dan menjualnya pada hari berikutnya. Strategi ini secara konsisten menghasilkan keuntungan positif yang melampaui tren pasar pada umumnya.

Kesimpulan

Studi ini menunjukkan bahwa sentimen emoji di media sosial dapat menjadi indikator yang berguna untuk memprediksi hasil perdagangan kripto yang positif. Dengan menggunakan algoritme yang menganalisis sentimen emoji dan data media sosial lainnya, investor dapat membuat keputusan perdagangan yang lebih terinformasi dan meningkatkan peluang keberhasilan mereka di pasar kripto yang bergejolak.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi