Emmett Shear, Pendiri Twitch, Kini Menjadi CEO Baru OpenAI: Apa yang Harus Kamu Ketahui?

Emmett Shear, Pendiri Twitch, Kini Menjadi CEO Baru OpenAI: Apa yang Harus Kamu Ketahui?

Dalam sebuah putaran dramatis, OpenAI, perusahaan kecerdasan buatan (AI) yang didukung oleh Microsoft, mengumumkan Emmett Shear, pendiri Twitch, sebagai CEO baru mereka. Pengumuman ini datang hanya tiga hari setelah pemecatan mendadak CEO sebelumnya, Sam Altman. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Emmett Shear: Dari Twitch ke OpenAI

Emmett Shear, yang dikenal sebagai salah satu pendiri dan mantan CEO dari platform streaming video Twitch, kini telah ditunjuk sebagai CEO baru OpenAI. Shear, yang juga pernah menjabat sebagai partner paruh waktu di perusahaan modal ventura Y Combinator, mengkonfirmasi penerimaan peran barunya melalui sebuah postingan panjang di X (sebelumnya Twitter).

Dalam postingannya, Shear mengungkapkan bahwa dia mengundurkan diri dari Twitch karena menjadi ayah dan tidak mengambil keputusan ini dengan ringan ketika diajak oleh dewan OpenAI.

Shear juga berencana untuk mempekerjakan penyelidik pribadi untuk menggali peristiwa yang mengarah ke penunjukannya, berbicara dengan karyawan yang tersisa, dan mereformasi manajemen dan kepemimpinan. Dia menegaskan bahwa stabilitas dan keberhasilan OpenAI terlalu penting untuk membiarkan kerusuhan mengganggu mereka seperti ini.

Baca Juga: Microsoft Rekrut Mantan CEO OpenAI, Sam Altman, untuk Pimpin Tim Riset AI Canggih!

Peran Penting OpenAI dan Tantangan yang Akan Dihadapi

emmett shear di openai
Sumber: Akun X Emmett Shear

OpenAI dikenal luas karena chatbot AI generatifnya yang populer, ChatGPT. Teknologi kuat di balik chatbot ini disebut model bahasa besar, atau LLM, sebuah model AI yang mampu memproses dan menghasilkan bahasa manusia, berdasarkan pelatihan dari jumlah data yang sangat besar.

Sebagai kepala OpenAI, Shear kemungkinan akan menghadapi tekanan dari regulator yang telah memeriksa perusahaan model AI dengan ketat mengingat risiko teknologi ini terhadap penyebaran informasi palsu dan potensi penggantian pekerjaan.

Lebih jauh lagi, Shear juga telah membuat beberapa komentar tentang potensi AI untuk memusnahkan umat manusia, sebuah pandangan yang juga dibagikan oleh Altman dan pemimpin teknologi lainnya seperti Elon Musk.

Dengan penunjukan Shear sebagai CEO OpenAI, perusahaan ini kini berada di bawah kendali salah satu tokoh penting di dunia AI saat ini. Namun, tantangan yang akan dihadapi oleh Shear tidak akan mudah, terutama mengingat pergolakan internal yang terjadi di OpenAI dan perpindahan Altman dan Brockman ke Microsoft.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: