Bitcoin Melonjak, Emas Terjun Bebas,: Apa yang Terjadi di Balik Kebijakan Ketat The Fed?

Bitcoin Melonjak, Emas Terjun Bebas,: Apa yang Terjadi di Balik Kebijakan Ketat The Fed?

Dalam dunia investasi, emas dan Bitcoin sering dianggap sebagai aset pelindung nilai. Namun, keduanya saat ini menunjukkan tren yang berbeda.

Emas jatuh ke titik terendah 9 bulan, sementara Bitcoin terus meningkat. Apa yang mendorong perubahan ini dan bagaimana peran The Fed?

Emas Terjun Bebas: Dampak Kebijakan The Fed

Emas Terjun Bebas: Dampak Kebijakan The Fed
TradingView

Harga emas mengalami penurunan tajam, mencapai titik terendah $1.858 per ons. Hal ini terjadi di tengah kebijakan moneter ketat dari The Fed yang mendorong yield obligasi meningkat.

Kenaikan yield obligasi menguatkan dolar AS, memberikan tekanan tambahan pada harga emas.

Peter Boockvar dari Bleakley Advisors mengomentari bahwa gelembung obligasi berdaulat terus menguap.

Baca Juga: Krisis Pemerintahan AS Picu Spekulasi Kenaikan Harga Bitcoin? Ini Analisis dari Para Ahli Crypto!

Analis dari ANZ Bank menyarankan bahwa daya tarik emas mungkin memudar hingga bank sentral AS mengubah kebijakan suku bunga. Namun, mereka memprediksi bahwa kekuatan dolar akan berkurang pada tahun 2024.

Bitcoin Melonjak: Alternatif Investasi di Tengah Ketidakpastian

Di sisi lain, harga Bitcoin telah meningkat, menembus angka $27K per unit pada 29 September. Kenaikan ini terjadi meskipun ada ketidakpastian ekonomi.

Bitcoin mencerminkan kenaikan di pasar ekuitas, dengan semua indeks benchmark AS menunjukkan catatan positif.

Meskipun emas mengalami penurunan, Bitcoin tampaknya menjadi pilihan alternatif bagi investor yang mencari aset pelindung nilai.

Outlook Suku Bunga dan Dampaknya pada Pasar

Ketidakpastian tentang outlook suku bunga oleh The Fed terus mempengaruhi pasar. Presiden Bank Federal Reserve Chicago, Austan Goolsbee, menyatakan bahwa suku bunga mungkin perlu tetap tinggi lebih lama dari yang diharapkan pasar.

Kekuatan ekonomi AS, terutama pasar tenaga kerja yang ketat dan permintaan rumah tangga yang kuat, telah memungkinkan ekonomi untuk menyerap dampak dari suku bunga yang lebih tinggi.

Namun, sektor manufaktur tetap menjadi keprihatinan. Data Durable Goods Orders AS untuk bulan Agustus akan menjadi fokus investor untuk mendapatkan wawasan lebih lanjut tentang outlook sektor ini.

Baca Juga: Bitcoin Tertekan, Para Penambang Tetap Bertahan! Apa Rahasianya?

Ketika emas mengalami tekanan karena kebijakan The Fed, Bitcoin tampaknya mendapatkan keuntungan.

Namun, dengan banyak variabel yang mempengaruhi pasar crypto, hanya waktu yang akan menentukan bagaimana aset-aset ini akan berperforma di masa depan.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: