Elon Musk Buat Perusahaan X.AI, Bakal Saingi OpenAI Microsoft?

Elon Musk Buat Perusahaan X.AI, Bakal Saingi OpenAI Microsoft?

Dilansir dari Venture Beat, Elon Musk saat ini sedang bersiap untuk meluncurkan startup artificial intelligence (AI) baru yang bernama X.AI, yang akan bersaing langsung dengan OpenAI. Seperti apa startup AI buatan Elon Musk tersebut? Simak berita lengkapnya berikut ini!

Elon Musk Buat Perusahaan X.AI untuk Saingi OpenAI Microsoft?

x.ai saingi openai microsoft
Sumber: PCMag

Dilansir dari The Verge, saat ini Elon Musk menjabat sebagai direktur perusahaan X.AI, dan Jared Birchall, yang mengelola kantor keluarga Musk, ditunjuk sebagai sekretaris perusahaan.

Menurut sebuah dokumen yang diperoleh The Verge, menunjukkan bahwa Musk memulai bisnis tersebut pada 9 Maret 2023.

Rumor tentang Musk yang akan mendirikan perusahaan AI telah beredar selama berhari-hari, dengan laporan dari Business Insider yang mengungkapkan bahwa Musk telah membeli 10.000 unit pemrosesan grafis (GPU) untuk menggerakkan produk AI generatif yang akan datang.

Financial Times juga melaporkan bahwa Musk berencana untuk membuat perusahaan AI untuk bersaing dengan OpenAI yang didukung oleh Microsoft. Musk bahkan dikabarkan mencari pendanaan dari investor SpaceX dan Tesla untuk memulai perusahaan tersebut.

Baca Juga: Perusahaan Crypto Kirim Patung Rp9,3 Miliar ke Elon Musk, Tujuannya Bikin Geleng Kepala!

Elon Musk Berambisi untuk Ciptakan ‘Everything App’?

everything app elon musk
Sumber: Akun Twitter Elon Musk

Nama perusahaan baru ini menggemakan ambisi Musk untuk menciptakan ‘everything app’ yang disebut X, yang ia umumkan di Twitter tahun lalu.

Musk baru-baru ini mengubah nama Twitter, Inc. menjadi X Corp dan memindahkan inkorporasinya dari Delaware ke Nevada, Amerika Serikat. X Corp memiliki perusahaan induk bernama X Holdings Corp.

Menurut The Verge, usaha baru Musk ini muncul ketika ia telah menyatakan keprihatinannya tentang potensi bahaya AI dan perlunya regulasi dan pengawasan.

Baru-baru ini, yang juga ramai menjadi perbincangan media adalah Twitter yang siapkan fitur perdagangan crypto dan saham untuk penuhi ambisi Elon Musk. Baca berita lengkapnya di Penuhi Ambisi Elon Musk, Twitter Siap Aktifkan Fitur Perdagangan Crypto dan Saham.

Referensi: