Elon Musk Tanamkan Chip Neuralink Pertama pada Otak Manusia, Apa Tujuannya?

Elon Musk Tanamkan Chip Neuralink Pertama pada Otak Manusia, Apa Tujuannya?

Elon Musk, CEO Tesla dan SpaceX, kembali membuat gebrakan dengan perusahaan rintisannya yang lain, Neuralink. Neuralink adalah perusahaan yang bergerak di bidang pengembangan antarmuka otak-komputer (brain-computer interface atau BCI). Baru-baru ini, Neuralink mengumumkan keberhasilannya menanamkan chip BCI pada otak manusia untuk pertama kalinya.

Keberhasilan ini menandai langkah maju yang signifikan bagi Neuralink dalam mewujudkan tujuannya untuk memungkinkan manusia mengendalikan komputer hanya dengan pikiran mereka. Simak berita lengkapnya berikut ini!

chip neuralink elon musk
Sumber: Akun X Elon Musk

Elon Musk mengumumkan keberhasilan penanaman chip Neuralink pertama pada otak manusia melalui sebuah unggahan di X, yang sebelumnya dikenal sebagai Twitter.

Ia mengatakan bahwa pasien yang menerima implan tersebut dalam kondisi baik dan hasil awal dari prosedur tersebut sangat menjanjikan. Musk juga menambahkan bahwa pasien tersebut dapat menggunakan Neuralink untuk mengendalikan komputer dengan pikirannya, meskipun masih dalam tahap awal.

Baca Juga: Visi Elon Musk untuk Sistem Pembayaran Masa Depan: Apakah Crypto Masih Penting?

Dilansir dari CCN, Ttujuan utama dari pengembangan chip Neuralink adalah untuk membantu manusia mengatasi berbagai keterbatasan fisik dan mental. 

Neuralink diharapkan dapat membantu orang-orang yang mengalami kelumpuhan, kehilangan penglihatan, atau gangguan bicara untuk berkomunikasi dan berinteraksi dengan dunia luar. Selain itu, Neuralink juga berpotensi digunakan untuk meningkatkan kemampuan kognitif manusia, seperti memori, konsentrasi, dan kreativitas.

Baca Juga: Elon Musk Ungkap Masih Holding Crypto Dogecoin dan Bitcoin!

Tantangan dan Kontroversi

Meskipun pencapaian Neuralink sangat mengesankan, masih ada banyak tantangan dan kontroversi yang harus dihadapi. Salah satu tantangan terbesar adalah memastikan keamanan dan keandalan chip Neuralink.

Implan otak merupakan prosedur yang sangat sensitif dan berisiko, sehingga sangat penting untuk memastikan bahwa chip Neuralink tidak menimbulkan efek samping yang merugikan. Selain itu, ada juga kekhawatiran tentang potensi penyalahgunaan teknologi Neuralink, seperti untuk memanipulasi pikiran atau mengendalikan perilaku manusia.

Kesimpulan

Keberhasilan Neuralink dalam menanamkan chip BCI pada otak manusia merupakan langkah maju yang signifikan dalam bidang teknologi brain-computer interface. Namun, masih banyak tantangan dan kontroversi yang harus dihadapi sebelum Neuralink dapat digunakan secara luas.

Meskipun demikian, pencapaian Neuralink ini membuka kemungkinan baru yang luar biasa untuk membantu manusia mengatasi keterbatasan fisik dan mental, serta meningkatkan kemampuan kognitif mereka.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi