Pengacara Elon Musk Menuntut Biaya Hukum $6 Miliar dari Tesla

Pengacara Elon Musk Menuntut Biaya Hukum $6 Miliar dari Tesla

Tim pengacara yang berhasil membatalkan paket kompensasi kontroversial Elon Musk senilai $56 miliar kini menuntut biaya hukum sebesar $6 miliar atas pekerjaan mereka dalam kasus tersebut. Biaya tersebut, yang diminta dalam pengajuan pengadilan pada hari Jumat, akan dibayarkan dalam bentuk saham Tesla dan digambarkan oleh para pengacara sebagai jumlah yang tidak setara. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Permintaan Biaya Hukum yang Fantastis

elon musk ai
Sumber: Parametric Architecture

Permintaan biaya hukum ini muncul setelah seorang hakim Delaware memutuskan bahwa paket gaji Musk terlalu berlebihan pada bulan Januari. Paket tersebut akan memberikan Musk sejumlah besar opsi saham jika Tesla mencapai target keuangan tertentu.

Sementara para pendukung mengatakan bahwa paket tersebut selaras dengan motivasi Musk dengan para pemegang saham, seorang investor Tesla menggugat pada tahun 2018, mengklaim bahwa itu tidak adil bagi para pemangku kepentingan lainnya. Para pengacara penggugat mengatakan bahwa Tesla mendapat keuntungan besar dari pembatalan rencana pembayaran dan pengembalian saham Musk.

Musk mengecam permintaan biaya tersebut sebagai tindakan kriminal. Biaya tersebut masih harus disetujui oleh hakim yang mengawasi kasus tersebut. Meskipun termasuk biaya hukum terbesar yang pernah diminta dalam gugatan pemegang saham, para pengacara mencatat bahwa itu hanya mewakili 11% dari total nilai putusan.

Musk masih dapat mengajukan banding atas putusan yang membatalkan paket gajinya setelah putusan akhir dicapai. Kekayaan bersihnya diperkirakan mencapai $210 miliar, menjadikannya orang terkaya kedua di dunia.

Baca Juga: Elon Musk Ungkap Alasan Dogecoin (DOGE) Jadi Crypto Favoritnya, Apa Rahasianya?

Tanggapan Elon Musk

Elon Musk mengecam permintaan biaya hukum yang diajukan oleh para pengacaranya sendiri sebagai “kriminal”. Melalui platform media sosialnya, X, Musk menulis bahwa “para pengacara yang tidak melakukan apa pun selain merusak Tesla menginginkan $6 miliar.”

Musk berpendapat bahwa biaya hukum yang diminta oleh para pengacara tersebut terlalu tinggi dan tidak sepadan dengan pekerjaan yang mereka lakukan. Ia juga mempertanyakan mengapa para pengacara tersebut harus dibayar dalam bentuk saham Tesla, yang dapat memberikan mereka keuntungan finansial yang besar jika nilai saham Tesla naik.

Keputusan Hakim

Pada bulan Januari 2023, Hakim Kathaleen McCormick dari Pengadilan Delaware memutuskan mendukung gugatan tersebut dengan membatalkan paket gaji Musk. Hakim McCormick menilai bahwa kompensasi Musk adalah “jumlah yang tidak terduga” yang diberikan melalui proses yang “sangat cacat”.

Keputusan Hakim McCormick tersebut merupakan kemenangan bagi para pemegang saham Tesla yang merasa dirugikan oleh paket gaji Musk. Paket gaji tersebut dianggap terlalu besar dan tidak sepadan dengan kinerja Musk sebagai CEO Tesla.

Baca Juga: Elon Musk Ungkap Masih Holding Crypto Dogecoin dan Bitcoin!

Dampak terhadap Tesla

Pembatalan paket gaji Musk diperkirakan akan berdampak positif terhadap Tesla. Dengan dikembalikannya 266 juta saham Tesla yang sebelumnya diberikan kepada Musk, perusahaan akan memiliki lebih banyak fleksibilitas dalam mengelola keuangannya. Saham Tesla ditutup pada hari Jumat di harga $202,62, yang berarti bahwa blok saham tersebut bernilai sekitar $53,9 miliar.

Pembatalan paket gaji Musk juga dapat meningkatkan kepercayaan investor terhadap Tesla. Investor akan lebih yakin untuk berinvestasi di Tesla jika mereka tahu bahwa perusahaan tidak akan memberikan kompensasi yang berlebihan kepada para eksekutifnya.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi