Elon Musk Luncurkan AI Saingan ChatGPT Bernama “Grok”

author:

Elon Musk Luncurkan AI Saingan ChatGPT Bernama “Grok”

Elon Musk, melalui startup AI terbarunya xAI, telah meluncurkan chatbot AI bernama ‘Grok’. Diklaim memiliki kemampuan yang melebihi ChatGPT, Grok menjadi topik hangat dengan pendekatan yang lebih berani dan humoris dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan ‘pedas’.

Grok vs ChatGPT: Pertarungan AI Baru

Grok, yang dibanderol dengan harga $16 per bulan untuk pengguna X Premium Plus, telah menunjukkan performa yang mengesankan dalam berbagai tes akademik, mengungguli ChatGPT-3.5.

Baca juga: Vertu Luncurkan Smartphone Metavertu2 yang Mengintegrasikan Teknologi Web3 dan AI!

Meskipun demikian, Grok belum dapat melampaui versi tercanggih OpenAI, GPT-4. Keunggulan utama Grok terletak pada akses informasi dunia nyata secara real-time melalui platform X, serta kemampuannya untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang biasanya ditolak oleh sistem AI lain.

Humor dan Kepribadian Unik Grok

Grok dirancang untuk memberikan jawaban yang tidak hanya informatif tetapi juga mengandung humor. Dengan ‘kepribadian’ yang sedikit pemberontak, Grok menjanjikan pengalaman interaksi yang lebih menyenangkan.

Elon Musk sendiri telah membagikan tangkapan layar dari percakapan dengan AI ini, menunjukkan bagaimana Grok dapat menjawab dengan cara yang cerdas dan lucu, bahkan ketika ditanya tentang topik-topik kontroversial.

Baca juga: Leo: Asisten AI Canggih dari Brave yang Mengubah Cara Kamu Explore Internet!

Ketersediaan dan Masa Depan Grok

Saat ini, Grok masih dalam tahap beta awal dan hanya tersedia untuk sejumlah pengguna terbatas di Amerika Serikat. Namun, setelah keluar dari tahap beta, Grok akan tersedia untuk semua pelanggan X Premium+.

Dengan peluncuran ini, Musk juga menandai persaingannya dengan OpenAI, perusahaan yang ia dirikan sebelumnya, menjelang konferensi pengembang pertama OpenAI pada 6 November 2023.

Secara keseluruhan, peluncuran Grok oleh xAI menandai babak baru dalam persaingan di dunia AI, dengan pendekatan yang lebih berani dan humoris. Dengan janji akses informasi real-time dan jawaban yang lebih ‘berbumbu’, Grok mungkin saja menjadi pemain utama dalam evolusi interaksi manusia dengan AI.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: