Elon Musk Luncurkan Grok AI, Jadi Ancaman atau Peluang di Dunia Teknologi dan Crypto?

Elon Musk Luncurkan Grok AI, Jadi Ancaman atau Peluang di Dunia Teknologi dan Crypto?

Elon Musk, sang visioner teknologi, baru-baru ini memperkenalkan Grok AI, sebuah chatbot cerdas dengan selera humor yang unik. Namun, pendiri Cardano, Charles Hoskinson, memprediksi bahwa Grok AI akan menghadapi serangkaian kritik dan kontroversi di masa depan. Apakah ini ancaman atau peluang bagi dunia teknologi dan crypto? Simak berita lengkapnya berikut ini!

Charles Hoskinson dan Prediksinya tentang Grok AI

Charles Hoskinson, pendiri Cardano, memprediksi empat gelombang kritik yang akan dihadapi Grok AI.

Pertama, kritik akan berfokus pada utilitas dan nilai Grok AI, dengan argumen bahwa model ini tidak menawarkan nilai tambah dibandingkan model AI lain seperti ChatGPT dari OpenAI atau model AI Google, Bard.

Kedua, Hoskinson memprediksi bahwa Grok AI akan dikritik karena berpotensi mengancam demokrasi. Jika tidak dikendalikan dengan baik, Grok AI bisa digunakan untuk memanipulasi opini publik, menyebarkan disinformasi, atau memperkuat pandangan ekstremis.

Baca Juga: Elon Musk: Penyelamat Twitter dari ‘Virus Pikiran’ dan Kritikus NFT

Grok AI: Ancaman atau Peluang?

Gelombang kritik ketiga, menurut Hoskinson, akan menyalahkan Grok AI atas penyebaran disinformasi oleh kelompok alt-right. Ini adalah tuduhan serius, karena menunjukkan bahwa Grok AI bisa secara tidak sengaja memicu penyebaran informasi palsu dan berbahaya. Gelombang kritik terakhir yang diprediksi Hoskinson adalah seruan untuk melarang Grok AI.

Ini adalah eskalasi kekhawatiran yang signifikan, karena menunjukkan bahwa kontroversi seputar Grok AI bisa memicu respon regulasi. Namun, seruan untuk melarang teknologi AI bukanlah hal baru, seringkali muncul ketika kekhawatiran tentang penyalahgunaan, privasi, atau keamanan mencapai titik kritis.

Baca Juga: Elon Musk dan Dogecoin: Apakah Twitter Menjadi Kekuatan Baru?

Elon Musk dan Visi Grok AI

visi grok ai
Sumber: CNBC

Elon Musk dan startup AI-nya, xAI, memperkenalkan Grok AI dengan tujuan utama untuk membekali umat manusia dengan alat AI yang mampu membantu penelitian dan inovasi.

Grok AI tidak hanya menyediakan informasi yang serius, tetapi juga memiliki selera humor dan sedikit sifat pemberontak. Ini menambah dimensi unik dan menarik pada pengalaman pengguna, membuat Grok AI lebih relatable dan menyenangkan untuk berinteraksi.

Meski diprediksi akan menghadapi berbagai kritik, Grok AI tetap menawarkan peluang besar dalam dunia teknologi dan crypto. Dengan kemampuannya yang unik, Grok AI berpotensi menjadi alat yang berharga dalam penelitian dan inovasi, asalkan digunakan dengan bijak dan bertanggung jawab.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: