El Salvador Jadi Calon ‘Singapore of The Americas’ Berkat Bitcoin! Apa Artinya?

El Salvador Jadi Calon ‘Singapore of The Americas’ Berkat Bitcoin! Apa Artinya?

El Salvador, negara yang ramah terhadap crypto, berpotensi menjadi ‘Singapura Amerika’, menurut Gabor Gurbacs, penasihat strategi dari perusahaan manajemen investasi VanEck. Gurbacs berpendapat bahwa El Salvador memiliki potensi untuk menjadi pusat keuangan di Amerika, mirip dengan apa yang telah dicapai Singapura pada akhir 1900-an. Simak berita lengkapnya berikut ini!

El Salvador dan Potensi Ekonominya

el salvador singapore of the americas
Sumber: Akun X Gabor Gurbacs

El Salvador telah menunjukkan potensi ekonomi yang signifikan sejak Nayib Bukele ditunjuk sebagai presiden negara tersebut pada Juni 2019. Obligasi pemerintah El Salvador telah mengungguli banyak pasar berkembang lainnya tahun ini, memberikan pengembalian yang mencengangkan sebesar 70% pada Agustus.

Hal ini bahkan menarik perhatian beberapa bank investasi besar seperti JPMorgan. Pada September 2021, Bukele dan pemerintah El Salvador menjadikan Bitcoin sebagai alat tukar yang sah. Selain itu, mereka juga meluncurkan dompet kustodian Bitcoin, Chivo Wallet, untuk semua warga El Salvador pada minggu yang sama.

Baca Juga: Pro Bitcoin Sejak 2021, El Salvador Tunjukkan Stabilitas Keuangan Negara di Tengah Krisis Perbankan!

Bitcoin dan El Salvador

el salvador dan bitcoin
Sumber: Bitcoin News

El Salvador juga memanfaatkan sumber daya vulkaniknya untuk mendukung operasi penambangan Bitcoin melalui startup Volcano Energy, yang diluncurkan pada Juni dengan investasi sebesar $1 miliar.

Max Keiser, seorang penyiar dan pengguna Bitcoin dari Amerika Serikat yang kini tinggal di El Salvador, menjabat sebagai ketua eksekutif perusahaan tersebut. Pada Mei, El Salvador menunjuk Dr. Saifedean Ammous, penulis “The Bitcoin Standard”, sebagai penasihat ekonomi untuk Kantor Bitcoin Nasional. Negara tersebut berencana untuk mengumpulkan Bitcoin sebagai strategi untuk melunasi hutangnya dalam lima tahun ke depan.

Baca Juga: Pilih Texas, El Salvador Bakal Buka Kedutaan Bitcoin Kedua. Apa Tujuannya?

El Salvador dan Inovasi Teknologi

Bukele juga membuat langkah berani dengan menghapus semua pajak pada inovasi teknologi pada April. Langkah ini berpotensi menarik lebih banyak pengusaha dan modal asing untuk pindah ke negara tersebut. Dengan kebijakan ini, El Salvador berpotensi menjadi pusat inovasi teknologi dan crypto di Amerika.

Dengan berbagai langkah progresif yang telah diambil, El Salvador berpotensi menjadi ‘Singapura Amerika’. Dengan dukungan terhadap Bitcoin dan inovasi teknologi, negara ini berpotensi menjadi pusat keuangan dan inovasi di Amerika.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: