El Salvador Raup Untung $85 Juta dari Investasi Bitcoin!

author:

El Salvador Raup Untung $85 Juta dari Investasi Bitcoin!

Pemerintah El Salvador baru-baru ini mengumumkan bahwa mereka telah meraup keuntungan sebesar $85 juta dari investasi Bitcoin mereka.

Keuntungan ini diperoleh setelah harga Bitcoin mengalami kenaikan signifikan dalam beberapa minggu terakhir.

Strategi Investasi Bitcoin Presiden Nayib Bukele

Presiden Nayib Bukele memulai strategi pembelian Bitcoin pada bulan September 2021, ketika El Salvador resmi mengadopsi Bitcoin sebagai mata uang legal.

Baca juga: Michael Saylor Ungkap Bitcoin Bukan Mata Uang, Melainkan Aset Digital yang Harus Dimiliki!

Pembelian Bitcoin di El Salvador – Sumber: nayibtracker.com

Pada saat pembelian awal 200 koin, Bitcoin diperdagangkan pada harga $51.769. Namun, strategi ini sempat dipertanyakan ketika Bitcoin mengalami penurunan dari puncaknya di $69.000 pada bulan November 2021, dan kemudian anjlok hingga $16.000 dalam bear market berikutnya, sehingga membuat portofolio investasi Bitcoin El Salvador jatuh ke zona merah.

Meskipun demikian, portofolio investasi tersebut kembali mencapai titik impas ketika harga BTC melewati rata-rata biaya dolar sebesar $42.600 pada bulan Februari dan sekarang telah melonjak menjadi untung.

Sumber Keuntungan Bitcoin El Salvador

Selain keuntungan dari investasi, Presiden Bukele juga menyoroti adanya pendapatan Bitcoin dari program paspor negara tersebut, pendapatan dari konversi BTC ke dolar Amerika Serikat untuk bisnis lokal, pendapatan dari penambangan BTC, dan pendapatan dari layanan pemerintah.

Pada bulan Desember, El Salvador menyetujui undang-undang migrasi yang memberikan kewarganegaraan cepat kepada orang asing yang melakukan donasi Bitcoin untuk program pembangunan sosial dan ekonomi pemerintah.

Beberapa bulan sebelumnya, pada bulan Oktober, negara tersebut meluncurkan kumpulan penambangan Bitcoin pertama dengan kemitraan antara Volcano Energy dan Luxor Technology.

Baca juga: El Salvador Raih Keuntungan Besar dari Investasi Bitcoin!

Proyeksi Masa Depan Bitcoin El Salvador

Jika Bitcoin mencapai $100.000, El Salvador bahkan mungkin dapat melunasi pinjaman yang harus dibayarkan kepada Dana Moneter Internasional (IMF). Hal ini membuat beberapa pihak, termasuk kapitalis ventura Tim Draper, percaya bahwa negara tersebut akan segera mencapai kemandirian finansial.

Presiden Bukele, yang baru-baru ini terpilih kembali dalam pemilihan presiden pada bulan Februari, telah mengkritik media yang sebelumnya skeptis terhadap investasinya di Bitcoin.

“Ketika harga pasar Bitcoin rendah, mereka menulis ribuan artikel tentang kerugian yang seharusnya kami alami,” katanya.

Bukele bertekad untuk terus maju dengan rencananya untuk Bitcoin setelah mengamankan masa jabatan kedua dalam pemilihan mendatang.

Rencana masa depan pemerintahannya termasuk meluncurkan obligasi yang didukung Bitcoin pada kuartal pertama tahun 2024, membangun surga kripto bebas pajak yang dikenal sebagai Bitcoin City di bagian timur negara itu, dan menerbitkan paspor bagi investor yang menyumbangkan setara dengan $1 juta dalam mata uang kripto.

Secara keseluruhan, El Salvador telah menjadi negara pertama di dunia yang mengadopsi Bitcoin sebagai mata uang legal, dan langkah ini telah menuai kritik dari berbagai pihak, termasuk IMF.

Namun, keberhasilan investasi Bitcoin El Salvador menunjukkan bahwa mata uang kripto ini memiliki potensi sebagai aset investasi yang menguntungkan.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi:

*Featured Image: U Today