El Salvador Luncurkan Platform Transparansi Bitcoin, Bagaimana Cara Kerjanya?

author:

El Salvador Luncurkan Platform Transparansi Bitcoin, Bagaimana Cara Kerjanya?

Jakarta, Pintu News – El Salvador, negara pertama di dunia yang mengadopsi Bitcoin (BTC) sebagai alat pembayaran yang sah, baru saja meluncurkan platform khusus untuk menyediakan informasi mengenai kepemilikan aset Bitcoin negara tersebut secara transparan kepada publik.

Platform Transparansi Bitcoin El Salvador

Menurut National Bitcoin Office, sebuah badan yang ditugaskan oleh pemerintah El Salvador untuk mengawasi semua hal yang berkaitan dengan mata uang kripto, mengumumkan peluncuran platform yang menyerupai mempool.

Baca juga: Metaplanet Adopsi Bitcoin sebagai Aset Cadangan di Tengah Beban Utang Jepang!

Sumber: X

Di platform ini, masyarakat dapat memantau informasi seperti kepemilikan aset Bitcoin dan transaksi Bitcoin secara real-time.

Sebagai informasi, mempool sendiri sudah ada untuk blockchain Bitcoin yang lebih luas, di mana informasi seputar blok, transaksi yang tertunda, dan biaya transaksi diperbarui secara real-time.

Pada saat penulisan artikel ini, El Salvador memiliki 5.748,76 Bitcoin dalam kepemilikannya, dengan nilai lebih dari $300 juta. Tujuh Bitcoin ditambahkan ke dalam aset negara tersebut selama seminggu terakhir, dan 31 Bitcoin selama sebulan terakhir.

Mengapa Hal Ini Penting?

Langkah terbaru El Salvador ini menetapkan standar baru untuk transparansi keuangan dalam operasi pemerintah. Hal ini juga memvalidasi konsep public ledger yang tidak dapat diubah, yang telah didukung dengan kuat oleh para pendukung Bitcoin dan mata uang kripto selama bertahun-tahun.

El Salvador telah menggandakan kepemilikan Bitcoin sejak mengadopsi mata uang digital terbesar di dunia tersebut sebagai alat pembayaran yang sah pada tahun 2021. Negara ini telah mengadopsi rencana untuk membeli satu Bitcoin setiap hari, hingga menjadi terjangkau dengan mata uang fiat.

Keseriusan negara tersebut terhadap investasi Bitcoin semakin terlihat ketika memindahkan lebih dari 5.000 Bitcoin ke cold wallet, yang dianggap sebagai opsi penyimpanan yang lebih aman di dunia mata uang kripto.

Baca juga: Filipina Lakukan Uji Coba Mata Uang Kripto yang Dikaitkan dengan Peso!

Masa Depan Bitcoin di El Salvador

El Salvador telah menunjukkan komitmen yang kuat terhadap Bitcoin dan teknologi blockchain. Dengan peluncuran platform transparansi Bitcoin ini, negara tersebut telah mengambil langkah maju yang signifikan dalam meningkatkan kepercayaan dan akuntabilitas dalam pengelolaan aset kripto.

Di masa depan, El Salvador dapat terus memainkan peran penting dalam pengembangan dan adopsi mata uang kripto di tingkat global. Negara ini dapat menjadi contoh bagi negara-negara lain yang sedang mempertimbangkan untuk mengadopsi Bitcoin atau mata uang kripto lainnya sebagai alat pembayaran yang sah.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi:

*Featured Image: U Today