Pertama di Dunia! El Salvador Luncurkan Obligasi Bitcoin Berbasis Vulkanik “Volcano Bonds”

author:

Pertama di Dunia! El Salvador Luncurkan Obligasi Bitcoin Berbasis Vulkanik “Volcano Bonds”

El Salvador, negara yang telah mengadopsi Bitcoin sebagai mata uang legal, kini semakin memperkuat posisinya di dunia crypto dengan persetujuan peluncuran obligasi Bitcoin. Obligasi yang dijuluki “Volcano Bonds” ini dijadwalkan akan diterbitkan pada kuartal pertama tahun 2024, menandai langkah besar dalam ekonomi digital negara tersebut.

Regulasi Disetujui, Peluncuran Menanti

obligasi bitcoin el salvador
Sumber: X

Setelah melalui proses panjang, El Salvador akhirnya mendapatkan lampu hijau untuk menerbitkan obligasi Bitcoin pertama di dunia. Kantor Bitcoin Nasional El Salvador (ONBTC) mengumumkan bahwa Komisi Aset Digital negara tersebut telah memberikan persetujuan regulasi.

Obligasi ini menawarkan imbal hasil tahunan sebesar 6,5% dengan durasi sepuluh tahun, menarik minat investor global. Lebih lanjut, obligasi ini tidak hanya menjadi instrumen investasi, tetapi juga akan digunakan untuk mendanai proyek ambisius “Bitcoin City”.

Proyek ini diharapkan dapat mengurangi beban utang negara dan memajukan industri penambangan Bitcoin yang memanfaatkan energi geotermal dari gunung berapi.

Baca juga: Keberhasilan Investasi Bitcoin di El Salvador, Berapa Portofolio BTC EL Salvador Sekarang?

Bitcoin City dan Penambangan Vulkanik

“Bitcoin City” yang direncanakan akan menjadi simbol kemajuan El Salvador dalam pemanfaatan crypto. Kota ini akan dibangun dengan pendanaan dari hasil obligasi dan akan menjadi pusat penambangan Bitcoin yang ramah lingkungan.

El Salvador telah memulai proyek penambangan Bitcoin senilai $1 miliar dengan kapasitas 241 megawatt yang ditenagai oleh energi vulkanik. Kolaborasi dengan Luxor Technology dan pemanfaatan gunung berapi Conchagua menunjukkan komitmen El Salvador terhadap inovasi crypto.

Inisiatif ini tidak hanya meningkatkan profil negara dalam ekonomi digital, tetapi juga menunjukkan potensi energi terbarukan dalam industri crypto.

Langkah Strategis El Salvador di Dunia Crypto

Persetujuan obligasi Bitcoin ini merupakan salah satu dari serangkaian langkah strategis El Salvador dalam memeluk dunia crypto. Program “Freedom VISA” yang baru-baru ini diluncurkan memberikan kesempatan kepada investor untuk mendapatkan residensi dengan investasi minimal $1 juta dalam Bitcoin atau tether (USDT). Telusuri selengkapnya di El Salvador Luncurkan Visa Kebebasan Berbasis Bitcoin yang Menawarkan Kewarganegaraan!

nayib bukele bitcoin

Langkah ini menegaskan posisi El Salvador sebagai pelopor dalam adopsi crypto di tingkat nasional. Presiden Nayib Bukele, yang dikenal sebagai pendukung Bitcoin, telah menggunakan platform sosial X untuk mempromosikan dan mengonfirmasi berita tentang obligasi ini.

Dengan dukungan kuat dari partai Nuevas Ideas, El Salvador terus berinovasi dan memimpin dalam integrasi crypto ke dalam ekonomi formal.

Pada akhirnya, melalui persetujuan regulasi yang telah diperoleh, El Salvador siap memasuki babak baru dalam sejarah crypto. Obligasi Bitcoin yang inovatif ini tidak hanya akan memperkuat ekonomi El Salvador, tetapi juga dapat menjadi model bagi negara lain untuk mengikuti jejak dalam ekonomi digital global.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: