El Salvador Luncurkan Kolam Penambangan Bitcoin Pertama, Apa Dampaknya?

author:

El Salvador Luncurkan Kolam Penambangan Bitcoin Pertama, Apa Dampaknya?

El Salvador, negara yang dikenal ramah terhadap Bitcoin, baru saja meluncurkan kolam penambangan Bitcoin lokal pertamanya. Kolam penambangan ini merupakan bagian dari proyek Volcano Energy yang bermitra dengan Luxor Technology. Proyek ini menjadi sorotan karena merupakan bagian dari upaya El Salvador untuk menjadi negara pengadopsi Bitcoin pertama.

Kolaborasi Volcano Energy dan Luxor

volcano energy terima investasi pertama
Sumber: New York Post

Volcano Energy, proyek energi terbarukan senilai $1 miliar, telah memulai operasi penambangan Bitcoin melalui Lava Pool, bermitra dengan Luxor Technology. Luxor, yang memiliki pengalaman dalam menyediakan perangkat lunak dan layanan penambangan Bitcoin, akan membantu Volcano Energy dalam mengelola risiko volatilitas pasar.

Baca juga: Krisis Energi di Kazakhstan, Para Penambang Crypto Kirim Surat Terbuka ke Presiden

Dengan menggunakan Hashrate Forward Marketplace milik Luxor, Volcano Energy berharap dapat meniru strategi manajemen risiko yang digunakan oleh operator penambangan Bitcoin besar lainnya.

Dampak bagi El Salvador dan Dunia

el salvador bitcoin

Gerson Martinez, chief strategy officer Volcano Energy, menekankan bahwa El Salvador berusaha untuk mendapatkan keuntungan sebagai negara pengadopsi Bitcoin pertama.

Ethan Vera, chief operating officer Luxor, juga menambahkan bahwa pembentukan Volcano Energy dan dimulainya penambangan Bitcoin lokal akan berkontribusi pada ethos Bitcoin tentang desentralisasi geografis.

Selain itu, negara-negara dengan sumber energi terbarukan yang melimpah dapat memanfaatkan penambangan Bitcoin untuk meningkatkan ekonomi proyek energi baru mereka.

Baca juga: Revolusioner! El Salvador Siap Memperkenalkan Pendidikan Bitcoin di Sekolah pada Tahun 2024

Manfaat bagi Pemerintah dan Masyarakat

Sebagai kemitraan publik-privat, Volcano Energy berencana untuk memberikan 23% dari pendapatan bersihnya dari operasi penambangan kepada pemerintah El Salvador.

Keuntungan dari penambangan juga akan diinvestasikan kembali ke dalam transmisi energi dan infrastruktur untuk merangsang pertumbuhan ekonomi dan teknologi di negara Amerika Tengah ini.

Fase pertama dari proyek ini melibatkan pembangunan taman energi terbarukan 241-megawatt (MW) di Metapán yang akan terdiri dari 169 MW energi surya fotovoltaik dan 72 MW energi angin.

Dengan peluncuran kolam penambangan Bitcoin ini, El Salvador semakin menunjukkan komitmennya untuk menjadi negara pengadopsi Bitcoin pertama.

Sleian itu, dengan dukungan dari Luxor Technology dan proyek energi terbarukan Volcano Energy, negara ini berharap dapat merangsang pertumbuhan ekonomi dan teknologi melalui penambangan Bitcoin.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: