El Salvador Investasi $1 Miliar untuk Penambangan Bitcoin Ramah Lingkungan!

El Salvador Investasi $1 Miliar untuk Penambangan Bitcoin Ramah Lingkungan!

Pemerintah El Salvador mengumumkan kerja sama strategis untuk pembangunan sebuah pertanian penambangan Bitcoin senilai $1 miliar. Kerja sama bersama dengan Volcano Energy ini diharapkan untuk bisa membangun salah satu ladang penambangan Bitcoin terbesar di dunia. Kerja sama ini menjadi komitmen lanjutan dari El Savador setelah sebelumnya di tahun 2021 menjadikan Bitcoin sebagai mata uang resmi di negaranya.

Bangun Pembangkit Listrik Bertenaga Angin dan Matahari

Untuk membangun penambangan Bitcoin yang akan ditenagai oleh energi terbarukan. Proyek ini akan dibiayai oleh dana yang dihasilkan dari penjualan obligasi negara. Volcano Energy mengatakan bahwa dana tersebut akan digunakan untuk membangun pembangkit listrik berkapasitas 241 MW dengan menggunakan energi matahari dan angin di kota Metapan di bagian barat laut, yang pada akhirnya akan menjadi sumber tenaga untuk penambangan bitcoin.

Baca juga: Apakah Bitcoin Mining Tidak Ramah Lingkungan?

Investasi ke pertambangan dengan energi terbarukan menunjukkan keseriusan El Salvador dalam adopsi Bitcoin. Sebagai sebuah negara, El Salvador telah mengambil langkah-langkah berani untuk mendukung pertumbuhan ekonomi digital berbasis teknologi blockchain.

El Savador Jadi Pusat Penambangan Bitcoin Terbesar di Dunia

Proyek ini tidak hanya akan membantu El Salvador memanfaatkan kekayaan sumber daya energi terbarukan, tetapi akan menempatkan El Savador sebagai pemain utama dalam industri penambangan Bitcoin. Faktanya, dengan investasi yang sangat besar ini, El Salvador dapat menjadi pusat penambangan Bitcoin terbesar di dunia.

Selain itu, dengan menggunakan energi terbarukan, El Salvador juga menunjukkan komitmennya terhadap pembangunan berkelanjutan. Ini merupakan langkah penting karena industri penambangan crypto sering dikritik karena konsumsi energi yang tinggi. Dengan energi terbarukan, El Salvador dapat menunjukkan bahwa penambangan Bitcoin dapat dilakukan dengan cara yang ramah lingkungan.

Pada akhirnya, investasi ini menunjukkan bagaimana El Salvador melihat potensi Bitcoin tidak hanya sebagai mata uang digital, tetapi juga sebagai katalisator untuk pertumbuhan ekonomi dan pembangunan berkelanjutan. Dengan kemitraan ini, El Salvador mengambil langkah besar dalam memanfaatkan teknologi blockchain untuk keuntungan mereka.

Ini adalah contoh bagaimana suatu negara dapat merangkul teknologi baru dan menggunakan hal itu untuk mendorong pertumbuhan dan pembangunan. Seperti yang ditunjukkan oleh El Salvador, adopsi Bitcoin dan teknologi blockchain dapat membuka peluang baru untuk pertumbuhan dan inovasi.

Referensi: