El Salvador Memperkenalkan Obligasi Berbasis Bitcoin Sebagai Inisiatif Pionir di 2024

El Salvador Memperkenalkan Obligasi Berbasis Bitcoin Sebagai Inisiatif Pionir di 2024

Dalam sebuah langkah yang menandai babak baru dalam sejarah keuangan digital, El Salvador telah berhasil mendapat persetujuan untuk menerbitkan obligasi berbasis Bitcoin yang pertama di dunia. Obligasi yang mendapat julukan “Volcano Bonds” ini dijadwalkan untuk diluncurkan di awal tahun 2024, sebuah momen penting bagi negara yang telah memeluk Bitcoin sebagai mata uang legal. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Volcano Bonds: Terobosan atau Spekulasi?

volcano bonds
Sumber: VOI

Sebagai negara pelopor dalam mengadopsi Bitcoin sebagai mata uang legal, El Salvador kini meningkatkan pengaruhnya di arena crypto internasional. Obligasi yang diberi nama “Volcano Bonds” telah mendapat restu dari Komisi Aset Digital El Salvador. Presiden Nayib Bukele, yang dikenal sebagai pendukung crypto, mengumumkan bahwa penerbitan obligasi ini akan dilaksanakan melalui Bitfinex Securities, yang merupakan bagian dari platform pertukaran crypto Bitfinex.

Tujuan dari obligasi ini adalah untuk menghimpun dana sebesar $1 miliar yang akan dialokasikan untuk proyek penambangan Bitcoin yang ramah lingkungan. Sumber energi terbarukan yang akan digunakan adalah energi geotermal dari gunung berapi yang aktif di El Salvador.

Meskipun rencana ini sempat tertunda sejak diumumkan pada tahun 2021, dengan persetujuan yang baru diperoleh, El Salvador siap untuk memulai inisiatif yang berpotensi mengubah industri penambangan crypto di seluruh dunia.

Baca Juga: Pertama di Dunia! El Salvador Luncurkan Obligasi Bitcoin Berbasis Vulkanik “Volcano Bonds”

Strategi El Salvador dalam Mempromosikan Crypto

Persetujuan untuk obligasi Bitcoin ini hanyalah salah satu dari serangkaian tindakan inovatif yang diambil El Salvador di ranah crypto. Negara ini juga telah meluncurkan program “Freedom VISA”, yang menawarkan kesempatan bagi investor untuk mendapatkan izin tinggal. Program ini terbuka bagi investor yang bersedia menanamkan investasi minimal $1 juta dalam bentuk Bitcoin atau stablecoin tether (USDT).

Inisiatif ini menegaskan niat El Salvador untuk menjadi pusat crypto di kawasan Amerika Latin. Dengan dukungan yang solid dari legislatif, di mana partai Nuevas Ideas yang dipimpin oleh Bukele memiliki mayoritas, undang-undang aset digital telah disahkan. Ini memungkinkan El Salvador untuk melanjutkan integrasi crypto ke dalam ekonomi nasional dan menarik perhatian investor crypto dari berbagai penjuru dunia.

Dengan diberikannya persetujuan regulasi untuk obligasi Bitcoin yang pertama di dunia, El Salvador memperkuat posisinya sebagai negara yang berani dalam adopsi crypto. Langkah ini diharapkan tidak hanya akan memajukan ekonomi El Salvador tetapi juga menjadi inspirasi bagi negara-negara lain untuk menerima crypto sebagai elemen integral dari sistem keuangan mereka.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: