El Salvador dan Eksperimen Bitcoin-nya: Harapan, Kritik, dan Realitas!

El Salvador dan Eksperimen Bitcoin-nya: Harapan, Kritik, dan Realitas!

El Salvador, negara pertama yang adopsi crypto terutama Bitcoin sebagai mata uang sah, kini berada di bawah sorotan.

Dengan investasi sebesar $329 juta, eksperimen ini menimbulkan berbagai pertanyaan mengenai kebijakan finansial dan transparansi.

Laporan Hak Asasi Manusia Soroti Detail Keuangan

Laporan yang dirilis oleh kelompok hak asasi manusia Cristosal menyoroti biaya yang terkait dengan adopsi Bitcoin di El Salvador, termasuk pembentukan infrastruktur dan insentif terkait.

Laporan ini mengungkapkan bahwa negara tersebut telah menghabiskan sekitar $329 juta untuk proyek ini.

Berdasarkan informasi yang terbatas dari akun Twitter Presiden Nayib Bukele, catatan legislatif, dan prosedur yudisial AS, laporan tersebut merinci pengeluaran $329 juta.

Dari jumlah tersebut, $150 juta dialokasikan untuk Bitcoin Trust (Fidebitcoin), $30 juta untuk bonus selamat datang di Chivo Wallet, $23,3 juta untuk proyek yang mendukung crypto, dan $121 juta untuk pembelian Bitcoin.

Cristosal mengkritik pemerintah atas kurangnya pengawasan fiskal, mempertanyakan sumber dana dan legalitas operasi keuangan yang dilakukan tanpa pengawasan atau transparansi publik.

Kesulitan Adopsi Bitcoin oleh Warga El Salvador

Setelah Amerika Serikat, Studi Ungkap El Salvador Jadi Negara yang Paling Tertarik Bitcoin!
TIME

Meskipun Presiden Nayib Bukele awalnya antusias dengan proyek ini sebagai cara untuk meningkatkan ekonomi negara dan mempermudah remitansi, masyarakat tampaknya kurang bersemangat untuk menerima crypto.

Data terbaru menunjukkan bahwa hanya 1% remitansi antara Januari dan Juli tahun ini yang diproses melalui dompet digital pemerintah, Chivo.

Baca Juga: Pro Bitcoin Sejak 2021, El Salvador Tunjukkan Stabilitas Keuangan Negara di Tengah Krisis Perbankan!

Sebuah survei pada Mei oleh Universitas Amerika Tengah menunjukkan bahwa 71% warga El Salvador merasa Bitcoin tidak meningkatkan situasi keuangan keluarga mereka.

Nilai Bitcoin telah turun dari sekitar $45.000 menjadi hanya di atas $25.500 dalam dua tahun terakhir, meningkatkan skeptisisme publik.

Membangun Kepercayaan dalam Jaringan Bitcoin

Hashrate adalah darah kehidupan Jaringan Bitcoin dan mungkin merupakan proxy terbaik untuk adopsi.

Ini mencerminkan total daya komputasi yang dialokasikan oleh peserta untuk mengamankan kekayaan mereka di dalam jaringan.

Baca Juga: Pilih Texas, El Salvador Bakal Buka Kedutaan Bitcoin Kedua. Apa Tujuannya?

Teori permainan menunjukkan bahwa siapa pun yang mempertimbangkan untuk menyerang jaringan dengan menghabiskan miliaran dolar untuk mendapatkan 51% daya komputasi jaringan akan lebih termotivasi untuk berpartisipasi dalam generasi blok berikutnya.

Jaringan Bitcoin kompleks dan esoterik, dan pendidikan bertingkat sangat penting untuk menggabungkan lebih banyak warga El Salvador ke dalam ekonomi Bitcoin yang baru.

Paragraf Penutup

Eksperimen Bitcoin di El Salvador adalah langkah berani yang menarik perhatian dunia. Meskipun ada kritik dan tantangan, penting untuk melihat bagaimana negara ini akan menavigasi masa depan dengan cryptocurrency sebagai bagian dari ekonominya.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: