KyberSwap Dibobol, $50 Juta HXA Token Raib! Apa yang Sebenarnya Terjadi?

KyberSwap Dibobol, $50 Juta HXA Token Raib! Apa yang Sebenarnya Terjadi?

Kabar mengejutkan datang dari dunia crypto ketika Cyvers, sebuah firma keamanan blockchain, melaporkan bahwa eksploiter KyberSwap telah menggerakkan dana sebesar $50 juta dalam bentuk token HXA. Insiden ini menimbulkan kekhawatiran serius terhadap keamanan transaksi crypto dan menyoroti pentingnya protokol keamanan yang lebih ketat. Kenapa hal ini bisa terjadi? Simak berita lengkapnya berikut ini!

Penyelidikan Awal Eksploitasi KyberSwap

Cyvers mengungkapkan bahwa eksploiter KyberSwap menggunakan fungsi “transfer from” untuk memindahkan token HXA ke berbagai akun yang dimiliki secara eksternal. Akun-akun ini kini menjadi pemegang token HXA terbesar. Fungsi “transfer from” yang biasa digunakan dalam aplikasi terdesentralisasi (DApps) ini, kali ini menjadi celah keamanan yang serius.

Eksploiter berhasil mendapatkan token HXA dari alamat Ethereum dan menyebarluaskannya ke beberapa akun. Hal ini memicu kepanikan di kalangan investor dan memaksa bursa crypto MEXC untuk menghentikan sementara penarikan dan deposit token HXA. Langkah ini diambil bukan karena kekhawatiran langsung terhadap keamanan, melainkan karena operasi rantai-blok yang tidak normal.

Baca Juga: Heboh! KyberSwap Tawarkan Hadiah Jutaan Dolar untuk Kembalikan Dana Pencurian $47 Juta

Kerentanan Fungsi Multicall

cyvers alerts
Sumber: Akun X Cyvers Alerts

Cyvers menduga bahwa kerentanan terletak pada fungsi Multicall, yang merupakan bagian dari perpustakaan Thirdweb yang digunakan dalam kontrak pintar token HXA. Firma keamanan ini telah mengajak pihak-pihak yang tertarik untuk bergabung dalam penyelidikan guna memahami sepenuhnya cakupan dan dampak eksploitasi ini.

Sementara itu, situs web resmi HXA coin, hxacoin.io, tidak dapat diakses. Ketidaktersediaan situs web ini menambah kebingungan dan mempersulit upaya untuk mendapatkan informasi resmi serta pembaruan terkait insiden tersebut. Investor dan pemangku kepentingan pun terpaksa berada dalam ketidakpastian.

Baca Juga: KyberSwap Dibobol Hacker, Binance Bayar Denda $4 Miliar, Ada Apa?

Reaksi Pasar dan Dampak Jangka Panjang

Pasar crypto bereaksi cepat dengan penangguhan aktivitas terkait HXA oleh beberapa bursa besar. Kejadian ini menunjukkan betapa rentannya ekosistem crypto terhadap serangan siber dan pentingnya peningkatan keamanan. Kepercayaan investor terhadap keamanan aset digital mereka menjadi taruhan.

Dampak jangka panjang dari eksploitasi ini masih belum jelas. Namun, insiden ini telah memicu diskusi lebih lanjut mengenai pentingnya transparansi dan keamanan dalam industri crypto. Investor dan pengguna kini lebih waspada dan menuntut standar keamanan yang lebih tinggi dari platform crypto.

Insiden KyberSwap menjadi pelajaran berharga bagi seluruh ekosistem crypto tentang pentingnya keamanan dan transparansi. Penyelidikan yang sedang berlangsung akan menjadi kunci untuk mencegah kejadian serupa di masa depan dan memulihkan kepercayaan dalam industri crypto.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: