Heboh, Game Blockchain di Blast Alami Eksploitasi Token Senilai $4,6 Juta!

Heboh, Game Blockchain di Blast Alami Eksploitasi Token Senilai $4,6 Juta!

Jakarta, Pintu News – Dunia game blockchain kembali diguncang dengan kabar eksploitasi token yang terjadi di Blast, solusi layer-2, hanya beberapa jam sebelum peluncuran produk game mereka. Super Sushi Samurai, game yang berjalan di jaringan Blast, mengalami kerugian sebesar $4,6 juta akibat bug dalam kode kontrak pintar mereka. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Eksploitasi Smart Contract

eksploitasi smart contract
Sumber: Akun X Certik Alert

Tim Super Sushi Samurai mengumumkan bahwa eksploitasi terkait dengan fungsi minting dalam game mereka. Seorang hacker, yang tampaknya merupakan white hat, memanfaatkan kerentanan kontrak pintar untuk memicu fungsi minting tak terbatas. Akibatnya, exploiter berhasil menggandakan saldo token mereka dengan bertransaksi dengan diri mereka sendiri, lalu menjualnya secara massal ke dalam kolam likuiditas SSS.

Insiden ini menyebabkan harga token SSS anjlok lebih dari 99%, menurut data dari CoinGecko. Namun, tim Super Sushi Samurai mengumumkan bahwa mereka telah menjalin komunikasi dengan hacker tersebut. Pesan dari hacker, yang terlihat di Blastscan, menyarankan bahwa tindakan mereka adalah misi penyelamatan dan rencana untuk mengganti rugi pengguna sedang disiapkan.

Baca Juga: Proyek Layer 2 Blast Network Jadi Korban Penipuan Rug Pull Sebesar 500 ETH!

Dampak Lebih Luas dan Langkah Pencegahan

Eksploitasi kontrak pintar bukanlah hal baru di dunia crypto, terutama pada jaringan yang baru diluncurkan seperti Blast. Jaringan skalabilitas berbasis Ethereum ini baru saja diluncurkan bulan ini dan mengalami penarikan lebih dari $1,7 miliar tak lama setelahnya. Meskipun demikian, Blast masih merupakan salah satu solusi layer-2 terbesar, dengan total nilai terkunci lebih dari $1 miliar.

Insiden ini menyoroti pentingnya keamanan kontrak pintar dan perlunya audit yang ketat sebelum peluncuran produk atau layanan berbasis blockchain. Ini juga menunjukkan pentingnya respons cepat dan transparan dari tim pengembang ketika menghadapi insiden keamanan untuk meminimalkan dampak pada pengguna dan memulihkan kepercayaan dalam ekosistem.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: