Provinsi Sichuan, Tiongkok, Targetkan Ekspansi Industri Metaverse Capai Rp526 Triliun pada Tahun 2025!

Provinsi Sichuan, Tiongkok, Targetkan Ekspansi Industri Metaverse Capai Rp526 Triliun pada Tahun 2025!

Provinsi Sichuan, yang sebelumnya dikenal sebagai pusat mining crypto di Tiongkok sebelum pelarangan nasional, kini menargetkan pengembangan industri Metaverse. Pemerintah provinsi ini telah merilis rencana ambisius untuk mengembangkan industri Metaverse menjadi senilai 250 miliar yuan ($34,4 miliar) yang setara dengan Rp526 triliun (kurs $1 = Rp15.300) pada tahun 2025. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Rencana Strategis Pemerintah Sichuan

rencana strategis pemerintah sichuan
Sumber: Tech Story

Dilansir dari Watcher Guru, Pemerintah Sichuan merilis rancangan rencana aksi yang menekankan pada pembangunan taman industri khusus yang berfokus pada inisiatif Metaverse. Selain itu, pemerintah provinsi ini juga berencana untuk mendukung pertumbuhan minimal 15 perusahaan Metaverse unggulan.

Sebagai bagian dari pendekatan komprehensif, pemerintah Sichuan berfokus pada peningkatan infrastruktur blockchain, penguatan perlindungan privasi, dan pengembangan kontrol lintas rantai.

Baca Juga: Kota Jinan di China Kini Menerima Pembayaran CBDC di Seluruh Rute Busnya!

Regulasi dan Perlindungan Data di Metaverse

Menurut Cryptonews, Pemerintah Sichuan menekankan pentingnya regulasi, khususnya dalam perlindungan data pribadi, keamanan internet, dan integritas data dalam lingkungan metaverse. Mereka berupaya memastikan pendekatan yang komprehensif dalam mengatur aspek-aspek tersebut.

Untuk memastikan rencana aksi ini sesuai dengan kebutuhan masyarakat, pemerintah provinsi sedang mengumpulkan masukan dari publik hingga tanggal 22 Agustus 2023.

Baca Juga: Janet Yellen Membuka Mata Dunia: Bantu Ukraina dan Pertahankan Hukuman Perdagangan Tiongkok!

Ambisi Tiongkok dalam Blockchain dan Inovasi Digital

Meskipun Tiongkok melarang semua transaksi cryptocurrency pada September 2021, negara ini tetap optimis dalam mengembangkan teknologi blockchain dan ekonomi digitalnya. Raksasa teknologi Tiongkok seperti Alibaba dan Tencent aktif mengembangkan blockchain konsorsium mereka sendiri.

Pemerintah pusat Tiongkok juga merilis whitepaper yang bertujuan untuk mempromosikan inovasi dan pengembangan industri Web 3.0. Dengan ini, Beijing berambisi menjadi pusat inovasi ekonomi digital global.

Dengan ambisi besar dari pemerintah Sichuan dan dukungan dari pemerintah pusat Tiongkok, pengembangan industri metaverse di negara ini menunjukkan potensi yang besar. Meskipun ada tantangan, upaya kolaboratif antara pemerintah dan perusahaan teknologi besar dapat memposisikan Tiongkok sebagai pemimpin global dalam revolusi Metaverse.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: