Ekspansi Luar Biasa Ekosistem Layer-2 Bitcoin Menjelang Halving Ke-4!

Ekspansi Luar Biasa Ekosistem Layer-2 Bitcoin Menjelang Halving Ke-4!

Menjelang halving keempat Bitcoin, ekosistem Layer-2 Bitcoin menunjukkan pertumbuhan yang signifikan, menandai era baru dalam skalabilitas dan kegunaan Bitcoin. Dengan latar belakang teknis yang terbatas dalam menangani volume transaksi besar, penemuan solusi Layer-2 telah membuka berbagai kasus penggunaan Bitcoin baru, meningkatkan minat para pengembang, investor, dan kolektor NFT. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Kebutuhan Bitcoin akan Layer-2

hitung mundur halving bitcoin
Generated by AI

Meskipun Bitcoin dihargai sebagai blockchain paling berharga di dunia, kemampuannya yang terbatas dalam memproses transaksi per detik membuatnya kurang ideal untuk volume transaksi besar.

Kekurangan dukungan untuk kontrak pintar juga membuatnya tertinggal dalam perlombaan DeFi, dengan Ethereum menjadi pusat dApps keuangan dan NFT. Munculnya solusi skalabilitas Layer-2 di atas Bitcoin telah memberikan skalabilitas yang sangat dibutuhkan, meringankan beban pada rantai utama, dan mengundang berbagai penggunaan baru BTC.

Solusi sekunder dan sidechains ini memanfaatkan model keamanan dan desentralisasi lapisan dasar, sambil memberikan utilitas tambahan dan membantu mengatasi volume transaksi yang lebih tinggi. Beberapa mungkin berpendapat bahwa Bitcoin tidak memerlukan solusi L2, namun yang lain berpendapat bahwa Bitcoin bisa menjadi penyimpan nilai yang menarik sekaligus blockchain yang mendukung primitif keuangan tanpa izin.

Baca Juga: Bitcoin Halving Countdown 2024: 60 Hari Lagi Menuju Bitcoin Halving Day!

Lanskap Layer-2 Bitcoin yang Berkembang

Proyek Layer-2 telah membangun momentum di awal tahun 2024, mungkin karena Halving yang akan datang, persetujuan ETF spot, kematangan Bitcoin yang berkembang, atau sikap progresif dari mereka yang membangun di atas rantai PoW.

Earth Wallet, sebagai contoh, adalah dompet self-custody yang memungkinkan pengguna berpartisipasi dalam organisasi terdesentralisasi, dan baru-baru ini mengumumkan rincian tentang Layer-2 Bitcoin mereka sendiri, solusi skalabilitas yang disebut Social Network.

Stacks Protocol adalah L2 lain yang berkembang. Protokol sumber terbuka ini memungkinkan kontrak pintar dan dApps menggunakan Bitcoin sebagai lapisan dasar. Jaringan Petir, yang diperkenalkan pada awal 2016 sebagai cara untuk meningkatkan skalabilitas Bitcoin, juga telah menunjukkan pertumbuhan yang signifikan, dengan transaksi yang dirutekan di LN meningkat lebih dari 1200% dalam dua tahun terakhir.

Baca Juga: Halving Bitcoin: Peluang Investasi Crypto yang Menggiurkan!

Menatap Masa Depan Bitcoin dengan Optimisme

Dengan total nilai yang terkunci dalam protokol DeFi berbasis Bitcoin baru-baru ini melebihi $2 miliar, dari $300 juta di awal tahun, tren L2 menunjukkan tidak ada tanda-tanda melambat. Bagi para penggemar Bitcoin, ini berarti jaringan yang telah mereka dukung dengan setia sedang dalam perjalanan untuk bersaing dengan Ethereum untuk dominasi dApp.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: