BRICS Ekspansi: Strategi Geopolitik atau Permainan Kekuatan Ekonomi?

BRICS Ekspansi: Strategi Geopolitik atau Permainan Kekuatan Ekonomi?

BRICS, sebuah aliansi lima negara besar – Brasil, Rusia, India, Cina, dan Afrika Selatan – tampaknya sedang berupaya untuk memperluas cakupannya. Pertanyaannya adalah, apakah langkah ini semata-mata didasarkan pada strategi geopolitik atau merupakan bagian dari sebuah permainan kekuatan ekonomi global?

BRICS dan Dinamika Energi Global

BRICS, selain dikenal sebagai kekuatan ekonomi, juga memiliki peran penting dalam dinamika energi global.

Sebagai pemain kunci dalam produksi dan konsumsi energi, kelima negara ini memiliki kepentingan besar dalam menjaga stabilitas harga dan pasokan energi di pasar global.

Baca Juga: Apakah Dolar AS Terancam oleh Ekspansi BRICS dan Rencana De-Dolarisasi?

Dengan ekspansi yang tengah direncanakan, aliansi ini mungkin mencoba memperkuat posisinya dalam arena energi global.

Selain itu, aliansi ini juga berupaya untuk mengurangi ketergantungan pada mata uang dolar dalam perdagangan energi, sehingga bisa memberikan mereka keuntungan strategis. Hal ini tidak hanya akan menggoyahkan dominasi dolar, tetapi juga dapat mempengaruhi geopolitik energi di tingkat global.

Pengaruh Geopolitik dalam Ekspansi

fokus utama brics dan dolar as
Sumber: Time

Meski faktor ekonomi jelas memainkan peran penting dalam rencana ekspansi BRICS, geopolitik juga menjadi pertimbangan utama. BRICS melihat perlunya mengimbangi kekuatan Barat, khususnya Amerika Serikat dan sekutunya.

Dengan menambah anggota, mereka bisa meningkatkan pengaruhnya di panggung internasional, terutama dalam lembaga-lembaga global seperti PBB.

Dengan semakin kuatnya blok ini, bisa jadi akan ada perubahan signifikan dalam keseimbangan kekuatan global. Hal ini tentunya akan mempengaruhi berbagai aspek, mulai dari hubungan bilateral antarnegara hingga kebijakan ekonomi dan perdagangan global.

Implikasi Ekonomi dari Ekspansi BRICS

Dari perspektif ekonomi, ekspansi BRICS memiliki potensi untuk mengubah peta kekuatan ekonomi dunia. Kelima negara anggota BRICS memiliki ekonomi yang besar dan berkembang pesat, dan dengan menambah anggota baru, potensi pertumbuhan ekonomi mereka akan semakin besar.

Selain itu, dengan keberagaman sumber daya dan pasar crypto yang mereka miliki, ekspansi ini dapat memfasilitasi kerja sama ekonomi yang lebih erat dan integrasi pasar di antara anggota-anggotanya. Hal ini tentunya akan memberikan keuntungan bagi seluruh anggota, dan mungkin juga bagi negara-negara lain yang berkepentingan berbisnis dengan BRICS.

Paragraf Penutup

Dalam skenario global yang terus berubah, langkah BRICS untuk ekspansi adalah sesuatu yang patut diperhatikan. Baik dari sisi geopolitik maupun ekonomi, ekspansi ini memiliki implikasi yang mendalam bagi tatanan dunia. Hanya waktu yang akan menentukan apakah langkah ini akan menjadi game-changer atau hanya sekedar manuver strategis.

Baca Juga: BRICS dan Dolar AS: Fokus pada Otonomi dengan Penguatan Perdagangan Internal!

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: