Eks CEO Alameda Research Minta Hukuman yang ‘Adil’ untuk Mantan Co-CEO FTX Ryan Salame

Array

Eks CEO Alameda Research Minta Hukuman yang ‘Adil’ untuk Mantan Co-CEO FTX Ryan Salame

Jakarta, Pintu News – Mantan Co-CEO Alameda Research, Sam Trabucco, yang mengundurkan diri dari perusahaan sebelum runtuhnya bursa crypto FTX dan tuntutan pidana bagi banyak eksekutifnya, telah menyerukan keringanan hukuman bagi mantan Co-CEO FTX Digital Markets, Ryan Salame.

Permohonan Keringanan Hukuman

Permohonan Keringanan Hukuman
Ryan Salame – Bloomberg

Dalam surat referensi karakter tertanggal 6 Mei, yang diajukan dengan rekomendasi hukuman di Pengadilan Distrik Amerika Serikat untuk Distrik Selatan New York, Trabucco mengatakan bahwa Salame adalah sahabatnya dan menginginkan konsekuensi dari tindakan kriminalnya menjadi “adil” berdasarkan perannya dalam menyalahgunakan dana pengguna FTX.

Dia menggambarkan persahabatannya dengan Salame berdasarkan pengalaman bersama mereka di dunia crypto dan bekerja dengan mantan CEO FTX, Sam “SBF” Bankman-Fried. Pada bulan September 2023, Salame mengaku bersalah atas konspirasi untuk mengoperasikan bisnis pengiriman uang tanpa izin dan terlibat dalam penipuan keuangan kampanye terkait dengan kontribusi untuk pencalonan pacarnya Michelle Bond sebagai anggota Kongres.

Menurut Trabucco, Bond dan Salame sekarang memiliki seorang putra bersama, dan setiap waktu di penjara dapat merusak hubungannya dengan keluarganya. “Ryan pantas menghadapi konsekuensi dari tindakannya – dia sangat memahami itu,” kata Trabucco. “Yang saya inginkan hanyalah konsekuensi itu adil – untuknya, tetapi juga untuk dunia, yang akan jauh lebih buruk jika dia tidak sepenuhnya terlibat di dalamnya.”

Baca Juga: PEPE: Koin Meme yang Menggebrak Pasar Kripto

Perbedaan Perlakuan Hukum

alameda ceo
Caroline Ellison – AOL.com

Trabucco bekerja sebagai trader di Alameda mulai tahun 2019, akhirnya menjadi Co-CEO bersama Caroline Ellison pada tahun 2021. Dia mengundurkan diri pada bulan Agustus 2022. Seperti banyak eksekutif FTX dan Alameda, dia sebagian besar tetap bungkam di media sosial sejak perusahaan itu runtuh.

Tidak seperti Salame, salah satu pendiri FTX Gary Wang, mantan direktur teknik FTX Nishad Singh dan Ellison, Trabucco tidak menghadapi tuntutan pidana dari otoritas AS. Bankman-Fried adalah satu-satunya individu yang mengaku tidak bersalah dan diadili, sementara para eksekutif lainnya menerima kesepakatan pembelaan.

Tidak jelas apakah ada orang selain SBF yang akan menjalani hukuman penjara. Pada tanggal 14 Mei, tim hukum Salame merekomendasikan agar mantan eksekutif FTX tersebut menjalani hukuman tidak lebih dari 18 bulan penjara. Pada saat publikasi, jaksa penuntut belum mengajukan rekomendasinya ke pengadilan. Hakim Lewis Kaplan, yang juga mengawasi persidangan pidana SBF, akan memimpin sidang vonis pada tanggal 28 Mei.

Pengungkapan Penipuan FTX

Sebelum Bankman-Fried mengundurkan diri dan FTX mengajukan kebangkrutan, Salame melaporkan kegiatan penipuan bursa tersebut kepada Komisi Sekuritas Bahama. Pihak berwenang kemudian mengatur ekstradisi SBF ke Amerika Serikat, di mana ia didakwa dan dihukum atas tujuh tuduhan kejahatan.

Pada bulan Maret, Hakim Kaplan menjatuhkan hukuman 25 tahun penjara kepada Bankman-Fried. Pengacaranya telah mengajukan pemberitahuan banding.

Baca Juga: Bitcoin Siap Meroket, Siap-siap Sentuh $150.000!

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi

Array