Prestasi Ekonomi AS: Mendarat dengan Halus, Bagaimana Caranya?

Prestasi Ekonomi AS: Mendarat dengan Halus, Bagaimana Caranya?

Secara mengejutkan, Menteri Keuangan AS, Janet Yellen, mengumumkan bahwa ekonomi negara tersebut telah berhasil mencapai apa yang disebut sebagai pendaratan yang halus. Ini merupakan pencapaian yang menandai pengendalian inflasi yang tinggi tanpa mengakibatkan dampak negatif yang besar terhadap pasar tenaga kerja, suatu kejadian yang jarang terjadi dalam sejarah ekonomi kontemporer. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Pencapaian Ekonomi di Tengah Keraguan

Dalam sebuah sesi wawancara dengan CNN, Janet Yellen menggambarkan kondisi ekonomi saat ini sebagai hasil dari pendaratan yang halus. Ia optimis bahwa tren positif ini akan terus berlanjut.

Berdasarkan data terbaru dari pemerintah, pertumbuhan lapangan kerja dan peningkatan upah pada bulan Desember telah melampaui harapan, dengan penambahan sebanyak 216.000 pekerjaan baru.

Para investor yang sebelumnya memperkirakan bahwa Federal Reserve akan memangkas suku bunga pada bulan Maret, mulai menarik kembali prediksi mereka setelah melihat laporan tersebut.

Yellen menyoroti data terkini tentang upah yang menunjukkan peningkatan pendapatan per jam rata-rata sebesar 4,1% selama setahun hingga Desember. Dengan proyeksi inflasi tahunan oleh para ekonom sebesar 3,2%, ini menunjukkan bahwa pertumbuhan upah telah melampaui tingkat inflasi di tahun 2023.

Baca Juga: Marathon Digital Bersiap Lepas Bitcoin Lagi, Simak Strateginya!

Pujian untuk Strategi Federal Reserve

prediksi suku bunga 2024
Sumber: CoinPedia

Yellen enggan memberikan komentar tentang langkah yang seharusnya diambil oleh Federal Reserve, namun ia memberikan apresiasi terhadap pendekatan yang telah diambil oleh bank sentral dalam mengelola kebijakan moneter.

Menurutnya, perkembangan di pasar tenaga kerja, ekonomi, dan inflasi menunjukkan bahwa Federal Reserve telah membuat serangkaian keputusan yang bijaksana. Selama dua tahun terakhir, Yellen secara konsisten menentang prediksi yang sangat pesimis mengenai ekonomi AS, meskipun Federal Reserve telah melakukan serangkaian kenaikan suku bunga yang agresif sepanjang tahun 2022 dan 2023.

Meski tidak pernah sepenuhnya menutup kemungkinan terjadinya resesi, ia berulang kali menyatakan bahwa ia melihat “jalur” menuju pendaratan yang halus.

Baca Juga: Goldman Sachs Ingin Bermitra dengan BlackRock dan Grayscale untuk Peran ETF Bitcoin!

Optimisme Yellen Terhadap Ekonomi AS

Dalam beberapa minggu terakhir, Yellen tampaknya sedang melakukan tur untuk merayakan keberhasilan ini. Pada bulan Desember, ia menyatakan bahwa para ekonom yang sebelumnya memprediksi resesi kini “menggigit jari,” dan ia mengulangi kritiknya pada hari Jumat.

Yellen menegaskan bahwa banyak pesimisme terhadap ekonomi yang akhirnya tidak terbukti. Setahun yang lalu, mayoritas analis memperkirakan bahwa AS akan mengalami resesi. Namun, kenyataan yang terjadi justru sebaliknya. Komentar Yellen ini menambah kepercayaan bahwa ekonomi AS sedang bergerak di jalur yang tepat.

Kesimpulan

Pernyataan dari Yellen memberikan kabar baik bagi ekonomi AS yang telah lama berjuang melawan inflasi dan ketidakpastian pasar. Dengan dukungan data yang solid, AS tampaknya telah berhasil melewati tantangan ekonomi dengan sukses, membuka harapan baru untuk pertumbuhan yang berkelanjutan dan kesejahteraan bagi para pekerja di Amerika.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: