Ekonom Prediksi Kejatuhan Ekonomi AS, China Akan Jadi Negara Superpower Baru

Ekonom Prediksi Kejatuhan Ekonomi AS, China Akan Jadi Negara Superpower Baru

Ekonom terkenal Richard X. Bove membuat prediksi mengejutkan tentang masa depan ekonomi Amerika Serikat (AS) dan China. Dalam ramalannya, Bove mengatakan bahwa ekonomi AS akan jatuh dan China akan mengambil alih sebagai negara adidaya uang. Menurutnya, dolar AS akan berakhir sebagai mata uang cadangan dunia.

Ekonom Terkenal Memprediksi Kejatuhan Ekonomi AS

Bove, yang baru saja pensiun di usia 83 tahun, dikenal dengan prediksi-prediksinya yang dramatis. Dia mengatakan bahwa analis lain tidak akan berani menyampaikan prediksi seperti ini karena mereka takut kehilangan pekerjaan.

Baca Juga: SEC AS Akan Setujui ETF Ethereum pada Bulan Mei 2024, Harga ETH Bisa Meroket?

Bove sendiri memiliki rekam jejak yang baik dalam memprediksi krisis keuangan, seperti krisis perumahan tahun 2008 yang dia prediksi tiga tahun sebelumnya.

China Akan Menggeser AS Sebagai Negara Ekonomi Terbesar

regulasi ai china dan amerika
Sumber: Asia Times

Bove percaya bahwa China akan segera melampaui ekonomi AS dan dolar AS akan runtuh secara dahsyat. Dia mengatakan bahwa pertumbuhan ekonomi China akan lebih dari dua kali lipat dari AS dalam waktu 10 tahun ke depan.

Saat ini, ekonomi China memang sedang mengalami perlambatan, tetapi Bove yakin bahwa ini hanya sementara. Di sisi lain, ekonomi AS tumbuh lebih cepat dari yang diperkirakan pada kuartal terakhir tahun lalu. Namun, Bove berpendapat bahwa pertumbuhan ini tidak akan bertahan lama. Dia mengatakan bahwa ekonomi AS sedang menuju resesi dan dolar AS akan kehilangan nilainya.

Evergrande dan Dampaknya pada Ekonomi China

Salah satu faktor yang dapat mempengaruhi prediksi Bove adalah jatuhnya raksasa properti China, Evergrande. Evergrande adalah pengembang real estat paling berutang di dunia dan baru-baru ini diperintahkan untuk dilikuidasi oleh pengadilan Hong Kong.

Kejatuhan Evergrande telah menyebabkan krisis di industri properti China dan berdampak negatif pada ekonomi negara tersebut. Namun, regulator China mengatakan bahwa risiko guncangan global dari kegagalan Evergrande dapat dikendalikan.

Paragraf Penutup

Prediksi Bove tentang jatuhnya ekonomi AS dan kebangkitan China tentu saja mengejutkan. Namun, perlu dicatat bahwa prediksi ini didasarkan pada analisis data dan tren ekonomi saat ini. Apakah prediksi Bove akan menjadi kenyataan atau tidak, hanya waktu yang dapat menjawabnya.

Baca Juga: Cryptocurrency Senilai $2,6 Miliar Raib Selama Tahun 2023? Ini yang Sebenarnya Terjadi!

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi