EigenLayer Bersiap Luncurkan Mainnet: Revolusi Baru di Ethereum?

author:

EigenLayer Bersiap Luncurkan Mainnet: Revolusi Baru di Ethereum?

Dunia crypto sedang bersiap menyambut peluncuran mainnet EigenLayer, sebuah proyek restaking Ethereum yang telah lama dinantikan.

Dengan dukungan dari Andreessen Horowitz dan investasi senilai $100 juta, EigenLayer menjanjikan peningkatan signifikan dalam keamanan dan performa jaringan Ethereum.

Mari kita selami lebih dalam rencana dan fase-fase krusial yang akan dilalui EigenLayer menjelang peluncurannya.

Pendekatan Bertahap Menuju Peluncuran

EigenLayer mengadopsi pendekatan bertahap dalam peluncuran mainnetnya untuk memastikan transisi yang mulus dan aman.

Baca juga: EigenLayer: Magnet Baru di Dunia DeFi dengan Arus Masuk $4 Miliar dalam 10 Hari!

Fokus utama adalah pada keamanan dan performa, dengan pengujian menyeluruh dan pemantauan di setiap langkah. Pendekatan ini memungkinkan minimisasi risiko dan optimalisasi performa, memastikan jaringan yang stabil dan skalabel untuk semua pengguna.

Fase pertama melibatkan pengujian akhir di testnet Holesky, setelah suksesnya testnet tahap 2 di Goerli dengan partisipasi lebih dari 6.000 operator. Migrasi ke Holesky dilakukan karena Goerli tidak lagi didukung aktif oleh tim klien Ethereum.

Persiapan Menuju Mainnet

eigenlayer crypto
Sumber: Medium

Sebagai bagian dari persiapan menuju mainnet, aplikasi web dan semua kontrak di mainnet akan dihentikan sementara. Hal ini dilakukan untuk memfasilitasi penyebaran yang terkontrol dan pendaftaran operator ke dalam jaringan. Penghentian sementara ini akan membantu memastikan transisi yang lancar tanpa hambatan.

Operator kemudian akan memiliki kesempatan untuk mendaftar secara bertahap di mainnet. Pendekatan ini memungkinkan pengujian performa dan pertumbuhan kapasitas yang terkontrol, memastikan jaringan yang stabil.

Baca juga: Biaya Transaksi Ethereum L2 Anjlok Drastis Setelah Upgrade Dencun, Apa Rahasianya?

Peluncuran EigenDA dan Ekosistem AVS

Salah satu tonggak penting dalam peluncuran mainnet adalah peluncuran EigenDA, AVS pertama yang diluncurkan di infrastruktur EigenLayer.

EigenDA akan menyediakan ketersediaan data skala besar untuk rollup, dengan target throughput tulis 10 MB/detik saat peluncuran. Operator akan mulai memilih EigenDA pada tahap ini.

Setelah peluncuran EigenDA, diharapkan akan muncul ekosistem AVS yang hidup di mainnet EigenLayer. Ini menandai era baru inovasi terbuka, dengan alat dan sumber daya pengembang yang komprehensif yang akan membuka potensi berbagai AVS.

Secara keseluruhan, peluncuran mainnet EigenLayer tidak hanya merupakan tonggak penting bagi proyek itu sendiri tetapi juga untuk seluruh ekosistem Ethereum.

Dengan fokus pada keamanan dan performa, EigenLayer berjanji untuk membawa revolusi baru dalam cara Ethereum mengamankan dan meningkatkan jaringannya.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi:

*Featured Image: EigenLayer Blog