EigenLayer Rencanakan Model ‘Keamanan Bersama’ untuk dApps

author:

EigenLayer Rencanakan Model ‘Keamanan Bersama’ untuk dApps

Dunia aplikasi desentralisasi (dApps) sedang menyaksikan sebuah terobosan keamanan yang menjanjikan, berkat EigenLayer. Proyek ini berencana untuk mengadopsi model keamanan bersama, memungkinkan protokol untuk diluncurkan dengan menggunakan kolam bersama ETH yang di-re-stake.

Inilah yang perlu kamu ketahui tentang inovasi yang akan mengubah cara kita memandang keamanan di dunia crypto.

Model Keamanan Bersama EigenLayer

EigenLayer, protokol re-staking, berencana untuk mengadopsi sistem “keamanan bersama”. Mekanisme ini memungkinkan protokol untuk bergabung dengan jaringan dengan memanfaatkan kolam umum ETH yang di-stake.

Baca juga: EigenLayer Pecahkan Rekor dengan Deposit Mencapai $900 Juta!

Dengan demikian, jumlah ETH yang di-re-stake di EigenLayer — saat ini lebih dari $1,7 miliar — dapat digunakan secara bersamaan untuk semua layanan yang dikembangkan di jaringan untuk mekanisme keamanan bersama.

Model keamanan bersama ini akan membuat biaya serangan terhadap protokol tertentu menjadi tidak ekonomis.

“Kamu membutuhkan modal $1 miliar sebagai penyerang untuk menyerang layanan apa pun, dan ada kekakuan, pengerasan keamanan tertentu ketika kamu menggabungkan keamanan,” kata pendiri EigenLayer, Sreeram Kannan.

Model ini telah diperkenalkan sebelumnya oleh proyek seperti Polkadot, meskipun mekanismenya sangat berbeda.

Layanan Re-staking dan Keamanan EigenLayer

EigenLayer juga akan memungkinkan pemegang ETH untuk memilih untuk menempatkan ETH mereka dalam risiko slashing tambahan untuk mengamankan layanan ekosistem Ethereum seperti rollups, oracle, platform ketersediaan data, atau layanan serupa. Sebagai imbalannya, pemegang ini (atau re-staker) akan mendapatkan yield dari layanan tersebut.

Proyek yang dibangun di atas kerangka kerja ini dapat membeli asuransi untuk sebagian dari keseluruhan jaringan stake. Asuransi ini akan berfungsi sebagai jaring pengaman yang, dalam kejadian yang tidak mungkin terjadi jaringan gagal mengamankan proyek, akan memungkinkan mereka untuk menerima sejumlah dana.

Pembayaran tersebut secara teoritis akan berasal dari ETH yang di-stake yang mungkin di-slash jika stake tersebut dihapus. EigenLayer menyebut ini sebagai “keamanan bersama yang dapat diatribusikan.”

Baca juga: Ondo Finance Memperluas Platform Aset Tokenized ke Wilayah Asia Pasifik!

Proyeksi dan Dampak EigenLayer

eigenlayer crypto
Sumber: Medium

EigenLayer, yang telah menarik lebih dari $1,7 miliar dalam deposit pengguna, berencana untuk menjadi platform aplikasi desentralisasi utama. Dengan memungkinkan proyek lain untuk diluncurkan, memanfaatkan keamanan bersama, EigenLayer berpotensi mengubah cara dApps dijamin keamanannya.

Model keamanan bersama ini menjanjikan peningkatan keamanan dan efisiensi dalam peluncuran dan operasi dApps. Dengan memanfaatkan keamanan bersama, EigenLayer tidak hanya meningkatkan keamanan tetapi juga mengurangi biaya dan kompleksitas dalam pengembangan dApps. Ini merupakan langkah maju yang signifikan dalam memperkuat ekosistem crypto dan blockchain.

EigenLayer membuka jalan bagi masa depan keamanan dApps dengan model keamanan bersama yang inovatif. Dengan memanfaatkan ETH yang di-re-stake, EigenLayer menawarkan solusi keamanan yang lebih kuat dan efisien untuk ekosistem crypto.

Inisiatif ini menandai langkah penting dalam evolusi keamanan blockchain dan dApps, menjanjikan keamanan yang lebih baik dan biaya yang lebih rendah untuk pengembang dan pengguna.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: