EigenLayer Capai TVL $15 Miliar, Bagaimana Prospeknya?

author:

EigenLayer Capai TVL $15 Miliar, Bagaimana Prospeknya?

Jakarta, Pintu News – Protokol restaking EigenLayer baru-baru ini telah mengunci aset kripto senilai $15,13 miliar sejak diluncurkan pada 9 April 2024.

Protokol ini mengumpulkan aset dari pengguna meskipun telah dikritik karena tumbuh lebih cepat daripada yang dapat diamankan oleh ekosistemnya.

EigenLayer Kumpulkan $15,13 Miliar Kripto di Rantainya

Data dari pelacak intelijen kripto DeFiLlama menunjukkan bahwa Nilai Total Terkunci (TVL) protokol restaking Ethereum terbesar melampaui $15 miliar pada hari Selasa.

Baca juga: EigenLayer: Magnet Baru di Dunia DeFi dengan Arus Masuk $4 Miliar dalam 10 Hari!

TVL protokol telah naik hampir 9% sejak 9 April, tanggal peluncuran proyek. Menurut tweet resmi oleh protokol tersebut, 2,2 juta Ethereum restaker telah didelegasikan di EigenLayer sejak peluncuran mainnet.

Lebih lanjut, EigenLayer telah meluncurkan enam layanan baru yang tervalidasi secara aktif, yang memiliki beragam fungsi untuk memenuhi berbagai kebutuhan dalam ekosistem Ethereum. Layanan tambahan termasuk AltLayer, Brevis, Eoracle, Lagrange, WitnessChain, dan Xterio.

Setelah menghasilkan banyak buzz sebelum peluncuran, EigenLayer menarik divisi cloud dari nama-nama terkenal seperti Google, Coinbase, dan HashKey untuk bergabung dengan operator protokol proyek.

EigenLayer Hadapi Potensi Krisis Hasil

Sumber: X

Chudnov Glavniy, pencipta protokol derivatif crypto-native “3jane” di EigenLayer, baru-baru ini membagikan pandangannya tentang proyek tersebut dalam utas tweet di X.

Pakar tersebut mengatakan bahwa protokol restaking kemungkinan menghadapi krisis hasil besar, dengan TVL lebih dari $15 miliar dan kurang dari 10% diperlukan untuk keamanan.

Argumen Glavniy adalah bahwa “hasil mungkin jatuh dari tebing.” Pakar tersebut menyatakan bahwa meskipun teknologinya bagus, EigenLayer mungkin “mengigit lebih dari yang dapat dikunyahnya dengan membuka pintu bagi lebih dari $15 miliar dalam bentuk simpanan.”

Baca juga: 5 Restaking Coin Paling Potensial di 2024

EigenLayer vs Lido Finance: Siapa yang Lebih Unggul?

TVL EigenLayer masih perlu ditingkatkan untuk mencapai protokol liquid staking Lido Finance, yang berada di angka $29,6 miliar. Namun, EigenLayer telah menunjukkan pertumbuhan yang signifikan dalam waktu singkat.

Pada bulan April, EigenLayer mencapai 115.000 pengguna unik, menurut Dune Analytics. Pada awal April, protokol tersebut mengumumkan peluncuran mainnet dan memperkenalkan fungsionalitas untuk operator dan restaker.

Pengguna sekarang memiliki akses ke beberapa fitur baru. Selain itu, tahun ini, para pengembang berjanji untuk meluncurkan pembayaran intra-protokol. Pendiri EigenLayer, Sreeram Kannan, mengatakan protokol tersebut meningkatkan utilitas Ethereum dan memberikan keamanan ekonomi pada aset tersebut.

Kannan, asisten profesor di University of Washington, mengembangkan protokol tersebut pada tahun 2021. Protokol ini berbasis Ethereum dan memungkinkan pelanggan untuk menarik mata uang kripto dan memperluas keamanan kripto ke aplikasi jaringan baru seperti jembatan dan oracle.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi:

*Featured Image: Crypto Daily