EigenLayer: Proyek DeFi yang Meraih Pertumbuhan TVL 500% dalam Sebulan

EigenLayer: Proyek DeFi yang Meraih Pertumbuhan TVL 500% dalam Sebulan

Dalam dunia keuangan terdesentralisasi (DeFi), EigenLayer menjadi sorotan setelah berhasil meningkatkan total nilai terkunci (TVL) hingga $10 miliar. Angka ini menandai peningkatan signifikan dari valuasi awal tahun yang hanya sebesar $1,1 miliar. Pertumbuhan ini, yang setara dengan 2,93 juta Ethereum (ETH), menggarisbawahi pengaruh protokol yang semakin meluas dalam sektor DeFi.

EigenLayer: Membuka Peluang Restaking ETH

EigenLayer: Membuka Peluang Restaking ETH
DefiLlama

EigenLayer memungkinkan pengguna untuk menyimpan dan mempertaruhkan kembali ETH melalui berbagai token liquid staking. Proses ini bertujuan untuk meningkatkan keamanan jaringan pihak ketiga. Dalam beberapa minggu terakhir, TVL EigenLayer telah mengalami pertumbuhan luar biasa, terutama selama 30 hari terakhir.

Baca Juga: Bitcoin Kembali Menguat, Siap Sentuh $65.000?

Pada tanggal 2 Februari 2024, TVL berada di sekitar $2 miliar, tetapi sejak saat itu telah tumbuh lima kali lipat. Peningkatan ini bertepatan dengan keputusan EigenLayer untuk sementara mencabut batasan pada restaking token dan menghapus batasan TVL untuk setiap token. Protokol tersebut mengantisipasi untuk membuat perubahan ini permanen dalam waktu dekat, menandakan perubahan strategis dalam kerangka operasionalnya.

EigenLayer Melonjak, Geser Posisi Maker

eigenlayer crypto
Sumber: Medium

Kenaikan TVL EigenLayer telah mendorongnya menjadi protokol DeFi terbesar ketiga, melampaui Maker. Sekarang, EigenLayer hanya tertinggal dari AAVE dengan selisih sekitar $92 juta. Pertumbuhan ini dapat dikaitkan dengan masuknya setoran ETH secara konsisten, yang difasilitasi terutama oleh protokol liquid restaking dan apresiasi nilai Ethereum itu sendiri.

DeFi: Sektor yang Sedang Booming

Keberhasilan dan solusi inovatif proyek ini tidak luput dari perhatian investor crypto. Pada bulan Maret 2023, EigenLabs mendapatkan pendanaan Seri A sebesar $50 juta yang dipimpin oleh Blockchain Capital. Ini diikuti oleh investasi substansial sebesar $100 juta dari Andreessen Horowitz dalam putaran Seri B bulan lalu.

Selain itu, investasi Binance Labs baru-baru ini di Renzo, Liquid Restaking Token (LRT) dan Strategy Manager untuk EigenLayer, menyoroti minat yang meningkat pada solusi restaking protokol tersebut. Di saat yang sama, jaringan Manta Pacific Ethereum L2 telah melihat TVL-nya sendiri meningkat ke level tertinggi baru sebesar $1,94 miliar.

Baca Juga: Bitcoin Diprediksi Tembus $900.000, Menurut Model Crypto yang Kontroversial

Jaringan tersebut mengalami masa sulit awal tahun ini setelah banyak pengguna mengeluh dipersingkat pada inisiatif airdrop. Namun, frustrasi ini berumur pendek, karena TVL-nya telah tumbuh hampir 120% sejak saat itu.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi