Pengumuman Airdrop EigenLayer (EIGEN) Menuai Kritik dari Pengguna, Ada Apa?

author:

Pengumuman Airdrop EigenLayer (EIGEN) Menuai Kritik dari Pengguna, Ada Apa?

Jakarta, Pintu News – Pengguna protokol restaking Ethereum, EigenLayer, dibuat geram dengan pengumuman airdrop yang dinilai terlalu ketat.

Protokol tersebut berjanji akan mengalokasikan 15% dari pasokan token EIGEN untuk komunitas, tetapi tidak semua orang merasa senang dengan hal itu.

Pengumuman Airdrop EigenLayer

Dalam pengumumannya pada 29 April 2024, Eigen Foundation menyatakan akan mengalokasikan 15% dari total pasokan EIGEN sebesar 1,67 miliar token kepada komunitas.

Namun, hanya 5% dari jumlah awal yang akan dialokasikan untuk pengguna awal yang berpartisipasi di Musim Pertama. Alokasi sisanya akan didistribusikan kepada pengguna di “musim” berikutnya.

Baca juga: EigenLayer Capai TVL $15 Miliar, Bagaimana Prospeknya?

Beberapa pengguna memprotes bahwa ini adalah alokasi yang relatif kecil dan mengklaim dokumen yang merinci alokasi airdrop “membingungkan”.

Namun, kritikus stakedrop mengarahkan sebagian besar kemarahan mereka pada fakta bahwa meskipun pengguna dapat mengklaim token EIGEN mereka mulai tanggal 10 Maret, mereka tidak akan dapat mentransfer atau menjualnya hingga tanggal yang dirahasiakan.

Eigen Foundation menulis bahwa kontrol ini diberlakukan untuk memastikan bahwa fitur-fitur utama termasuk pembayaran dan parameter pemotongan “ditetapkan dengan baik” sebelum EIGEN dapat ditransfer antar pengguna.

Kritik Pengguna terhadap Airdrop EigenLayer

Selain itu, beberapa pengguna mengkritik model distribusi linear EIGEN, yang berarti bahwa jumlah poin yang diperoleh pengguna secara langsung berkorelasi dengan jumlah token EIGEN yang dapat diklaim. Mereka mengatakan model ini tidak adil karena lebih menguntungkan para restaker besar.

Kekhawatiran utama lainnya bagi para kritikus adalah pembatasan geografis yang ketat yang diberlakukan pada pengguna yang ingin mengklaim airdrop mereka. Menurut dokumentasi hukum EigenLayer, pengguna dari 30 negara termasuk Amerika Serikat, Kanada, Tiongkok, dan Rusia tidak akan dapat mengklaim token EIGEN.

Sumber: BoneCondor

Baca juga: 5 Token Crypto dengan Unlock Terbesar Bulan Mei 2024!

Foundation tersebut mencatat bahwa mereka telah mengambil langkah ekstra untuk memastikan bahwa pengguna yang mencoba menghindari pembatasan ini dengan VPN tidak akan dapat melakukannya.

Pengguna kripto anonim lainnya di X menggambarkan semua faktor ini sebagai “mengecewakan” yang telah menghilangkan harapan yang diharapkan dari airdrop EIGEN.

Kritik Hanya ‘Mencoba Mencari Alasan’ untuk Marah

Terlepas dari kemarahan seputar stakedrop, Henrik Andersson, kepala investasi perusahaan investasi kripto Australia Apollo Capital, mengatakan banyak kritikus EigenLayer hanya “mencoba mencari alasan untuk marah.”

Berbicara kepada Cointelegraph, Andersson menggambarkan total alokasi 15% EigenLayer kepada pengguna sebagai “dermawan,” dan menyebutnya sebagai salah satu dari beberapa “item positif” yang terkandung dalam proses stakedrop protokol.

Dia mengatakan Foundation telah membuat model distribusinya cukup jelas, dan menggambarkan kebingungan seputar alokasi untuk pengguna protokol DeFi tertentu sebagai salah tempat.

“Stakedrop bersifat linear yang menurut saya merupakan cara paling adil untuk melakukan ini dan secara efektif menghilangkan masalah yang terkait dengan serangan Sybil,” tambahnya.

“Hal terbaiknya adalah Anda tidak perlu menghubungkan dompet atau menandatangani apa pun untuk memeriksa stakedrop Anda, bagus sekali EigenLayer!” kata Andersson.

Secara keseluruhan, pengumuman airdrop EigenLayer telah menimbulkan kontroversi di antara para pengguna. Beberapa pengguna merasa bahwa alokasi token yang terbatas, pembatasan transferabilitas, dan pengecualian negara-negara tertentu tidak adil.

Di sisi lain, beberapa pengguna berpendapat bahwa EigenLayer telah bersikap dermawan dengan mengalokasikan 15% dari total pasokan token kepada komunitas. Kritik terhadap EigenLayer juga berdampak pada harga Ethereum (ETH), yang mengalami penurunan dalam beberapa hari terakhir.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi:

*Featured Image: Bankless