Langkah Hijau Baru: EIB Rilis Obligasi Digital Berbasis Blockchain

Langkah Hijau Baru: EIB Rilis Obligasi Digital Berbasis Blockchain

Bank Investasi Eropa (EIB) telah menerbitkan obligasi digital berbasis blockchain yang didukung oleh infrastruktur node yang berinsentif lingkungan.

Sebuah pengumuman dari lembaga keuangan ini merangkum poin-poin kunci dari “obligasi hijau digital asli” yang dinyatakan dalam krona Swedia.

Obligasi 1 miliar krona ini diharapkan menawarkan suku bunga tetap 3,638% selama dua tahun kepada investor institusional.

Obligasi Kesadaran Iklim: Pertama di Blockchain

Obligasi Kesadaran Iklim juga dipromosikan sebagai obligasi berbasis blockchain pertama yang terdaftar di Daftar Resmi Efek Bursa Saham Luxembourg dan ditampilkan di Bursa Hijau Luxembourg.

Obligasi ini akan beroperasi di platform obligasi digital blockchain berkelanjutan yang baru diluncurkan, So|bond.

Baca Juga: Tunjuk Pro Crypto Sebagai Pemimpin, Alibaba Siap ‘Bermain’ Crypto?

Sebagaimana dilaporkan Cointelegraph sebelumnya, platform ini memungkinkan penerbitan, perdagangan, dan penyelesaian obligasi digital dengan insentif pro-lingkungan untuk operator node-nya.

Protokol “Proof of Climate awaReness”

Metaverse Industri Memudahkan Pekerjaan dan Ramah Lingkungan!
Renault Group

Protokol “Proof of Climate awaReness” So|bond memberikan insentif kepada node untuk mengurangi dampak lingkungan dari infrastruktur mereka.

Hal ini dilakukan dengan memberi kompensasi kepada node menurut formula yang terkait dengan dampak iklim mereka, dengan peringkat dampak yang lebih rendah menghasilkan imbalan yang lebih tinggi.

Finaxys, penyedia IT berbasis di Prancis, mengembangkan protokol tersebut, sementara So|bond sendiri adalah proyek bersama yang dioperasikan oleh Skandinaviska Enskilda Banken (SEB) dan Credit Agricole.

Baca Juga: Swedia Luncurkan ‘Buttcoin’, Buang Puntung Rokok Bisa Dapat Crypto!

Dalam sebuah pernyataan, Wakil Presiden EIB Ricardo Mourinho Felix mengatakan obligasi hijau dan denominasi krona pertama ini bertujuan untuk memanfaatkan teknologi blockchain untuk beralih ke sistem keuangan yang lebih berkelanjutan:

“Obligasi Kesadaran Iklim ini akan berjalan di platform yang dirancang untuk meminimalkan jejak lingkungan dari infrastruktur IT.”

EIB telah menjelajahi penggunaan platform berbasis blockchain untuk obligasi digital selama tiga tahun terakhir. Kabar tentang potensi obligasi digital berbasis Ethereum yang diterbitkan EIB mengirim Ether ke level tertinggi sepanjang masa pada April 2021.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: