Edward Snowden: Fokus pada Fundamental Bitcoin, Bukan Harga!

author:

Edward Snowden: Fokus pada Fundamental Bitcoin, Bukan Harga!

Edward Snowden, mantan konsultan intelijen komputer dan whistleblower, menyerukan kepada para pendukung Bitcoin untuk lebih fokus pada nilai fundamental Bitcoin daripada terus menerus terpaku pada nilai tukar mata uang crypto tersebut.

Snowden menekankan pentingnya Bitcoin sebagai alat desentralisasi dalam dunia yang semakin dikuasai oleh pemerintah dan institusi keuangan besar.

Bitcoin: Alat Desentralisasi atau Objek Investasi?

edward snowden bahas bitcoin
Snowden menyampaikan pidato virtual secara langsung selama konferensi. Sumber: Cointelegraph

Dalam konferensi Bitcoin Amsterdam yang dihadiri oleh ribuan peserta, Snowden menyoroti pentingnya Bitcoin sebagai alat desentralisasi. Menurutnya, masyarakat terlalu fokus pada nilai tukar Bitcoin dan melupakan fungsi utamanya sebagai alat yang memberikan individu kontrol atas kekayaan dan privasi mereka.

Baca juga: Pemerintah Amerika Setikat Kini Jadi Pemilik Bitcoin Terbesar dengan Nilai Fantastis $5.3 Miliar!

Selain itu, Snowden menambahkan bahwa peningkatan perhatian terhadap Bitcoin telah memicu penentangan dari pemerintah, pembuat undang-undang, dan institusi keuangan tradisional.

Snowden juga mengkritik fokus berlebihan pada nilai Bitcoin dibandingkan pentingnya sebagai alat desentralisasi. Menurutnya, masyarakat perlu berhenti meminta izin dan terus berinovasi dengan menciptakan alat desentralisasi yang tidak memperhatikan kekuatan yang ada.

ETF Bitcoin: Ancaman atau Peluang?

Snowden menunjukkan kekhawatirannya terhadap pengaruh potensial ETF Bitcoin terhadap nilai mata uang crypto tersebut. Menurutnya, ETF Bitcoin mewakili “subordinasi, semacam penundukan, proses penjinakan” yang sedang dimainkan oleh institusi yang mengatur lingkup keuangan tradisional.

Selain itu, Snowden juga menyoroti masalah privasi Bitcoin. Dia menekankan pentingnya alat pengaburan seperti CoinJoin dan mixer, tetapi juga menunjukkan tekanan yang dihadapi oleh protokol desentralisasi tersebut.

Baca juga: Apa itu Bitcoin ETF, Mengapa Hal Ini Begitu Menarik?

Privasi dan Bitcoin

Snowden menekankan bahwa Bitcoin memiliki “masalah privasi,” dengan menyoroti munculnya alat pengaburan seperti CoinJoin dan mixer sebagai penting tetapi juga menunjukkan tekanan yang dihadapi oleh protokol desentralisasi.

Menurutnya, masyarakat perlu berhenti meminta izin dan terus berinovasi dengan menciptakan alat desentralisasi yang tidak memperhatikan kekuatan yang ada.

Dalam dunia yang semakin dikuasai oleh pemerintah dan institusi keuangan besar, Snowden menyerukan kepada masyarakat untuk lebih fokus pada nilai fundamental Bitcoin. Menurutnya, Bitcoin bukan hanya tentang nilai tukar, tetapi juga tentang kontrol individu atas kekayaan dan privasi mereka.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: