ECB Ungkap Urgensi Euro Digital Setelah Peluncuran Stablecoin oleh PayPal

author:

ECB Ungkap Urgensi Euro Digital Setelah Peluncuran Stablecoin oleh PayPal

Baru-baru ini, Bank Sentral Eropa (ECB) telah menyoroti urgensi pengembangan euro digital sebagai respons terhadap ancaman dari stablecoin swasta. Dengan PayPal meluncurkan stablecoin pribadinya, ECB menekankan pentingnya memiliki alternatif publik yang kuat.

ECB dan Pandangannya Terhadap Euro Digital

Sumber: Twitter

Fabio Panetta, anggota dewan eksekutif ECB, menyampaikan kepada Komite Urusan Ekonomi dan Moneter Parlemen Eropa bahwa proposal dari Komisi Eropa untuk euro digital menempatkan Eropa di garis depan dalam pengembangan mata uang digital bank sentral (CBDC).

Baca juga: Stefan Berger Pimpin Rencana Euro Digital Uni Eropa, Gimana Perkembangannya?

Panetta, yang dikenal sebagai kritikus mata uang crypto, menggambarkan proposal tersebut sebagai “paradigma baru untuk menjaga kedaulatan moneter” yang akan memastikan warga Eropa selalu memiliki akses ke opsi pembayaran publik.

Lebih lanjut, ia juga memuji proposal privasi dari Komisi Eropa untuk euro digital, menekankan bahwa Eurosystem tidak akan dapat melihat detail pribadi pengguna euro digital atau menghubungkan informasi pembayaran dengan individu.

Ancaman dari Stablecoin Swasta

Dalam komentarnya, Panetta menyoroti peluncuran stablecoin pribadi oleh PayPal sebagai ancaman baru yang muncul. Ia menekankan bahwa penyedia layanan pembayaran swasta, termasuk PayPal, tidak memiliki insentif untuk membatasi adopsi stablecoin mereka.

Panetta menjelaskan bahwa sementara masuknya big tech atau penyedia pembayaran besar lainnya mungkin awalnya mendorong inovasi, persaingan bisa terhambat dengan keras jika mereka mencapai posisi monopoli.

Sebagai kontras, euro digital akan diperkenalkan oleh otoritas publik dengan kerangka kerja regulasi Eropa, dengan perlindungan yang dibangun untuk melindungi privasi konsumen dan menjaga supremasi sektor perbankan.

Baca juga: Pejabat Bank Sentral Spanyol Margarita Delgado Ungkap Potensi Euro Digital! Ini Katanya!

Masa Depan Euro Digital

Fase investigasi terhadap desain dan opsi teknis untuk euro digital di masa depan hampir berakhir, dengan laporan kemajuan dijadwalkan untuk bulan depan.

Pada titik ini, ECB akan memutuskan apakah akan melanjutkan proyek tersebut. Selanjutnya, Panetta menutup komentarnya dengan mengatakan,

“Eropa tidak boleh menghindar dari ambisi dalam mengembangkan instrumen yang melayani kepentingan publik dengan membuat Eropa dan euro siap untuk era digital.”

Pada akhirnya, dengan ancaman dari stablecoin swasta seperti yang diluncurkan oleh PayPal, ECB menekankan pentingnya memiliki mata uang digital yang kuat dan terpercaya. Euro digital, dengan kerangka kerja regulasi yang kuat, dapat menjadi jawaban untuk memastikan stabilitas dan kepercayaan dalam sistem pembayaran digital.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: