Terungkap! Masa Depan DAO Terancam oleh Ketidakpastian Regulasi, Apa Kata ECB?

author:

Terungkap! Masa Depan DAO Terancam oleh Ketidakpastian Regulasi, Apa Kata ECB?

Ketidakpastian dalam regulasi terus menghambat perkembangan berkelanjutan dari ekosistem DAO. Sebuah paper dari Bank Sentral Eropa (ECB) baru-baru ini mengungkapkan pandangan mendalam tentang tantangan yang dihadapi oleh organisasi otonom terdesentralisasi (DAO) dan apa yang diperlukan untuk masa depannya di sektor keuangan.

Kebutuhan Regulasi yang Komprehensif untuk DAO

ECB menyoroti bahwa DAO memerlukan kerangka kerja regulasi yang komprehensif jika mereka ingin memiliki tempat di masa depan sektor keuangan.

Baca juga: Direktur IMF Ungkap Rahasia Digitalisasi Sebagai Kunci Inklusi Keuangan!

Paper yang ditulis oleh Ellen Naudts, Ahli Infrastruktur Pasar Pembayaran di ECB, menekankan bagaimana teknologi telah melampaui regulasi dalam hal DAO, yang berdampak negatif pada keamanan dan pertumbuhan ekosistem.

paper ecb
Pertumbuhan eksponensial ekosistem DAO di tengah kondisi regulasi yang tidak menentu. Sumber: ecb.europa.eu

Dengan pertumbuhan eksponensial dari ekosistem DAO di tengah ketidakpastian regulasi, penerapan “kerangka kerja pendaftaran yang dibuat untuk era pena-dan-kertas” gagal mengatasi berbagai risiko yang mereka hadirkan kepada investor.

Tantangan dan Risiko DAO

ecb ungkap masa depan dao
Generated by AI

DAO terus membanjiri pasar dengan penawaran unik. Namun, tanpa regulasi yang tepat, banyak risiko yang mungkin muncul, termasuk masalah stabilitas keuangan dan perlindungan konsumen.

Kertas kerja (paper) ECB menyimpulkan bahwa tanpa regulasi yang memadai di seluruh dunia, tempat DAO di sektor keuangan masa depan akan tetap terbatas.

Selain itu, ada risiko sistemik potensial yang terkait dengan DAO di sektor keuangan, termasuk kekurangan likuiditas, efek kontagion, serangan siber, dan kegagalan tata kelola.

Baca juga: Gokil! Perbendaharaan DAO Melonjak 144%, Mencapai Rp321 Triliun dalam 90 Hari

Dukungan untuk Legislatif Euro Digital

Selain DAO, kertas kerja ECB juga menyebutkan tentang euro digital, yang merupakan bentuk baru dari uang bank sentral.

Fabio Panetta, anggota dewan eksekutif ECB, mendukung proposal legislatif Komisi Eropa untuk euro digital, menekankan bahwa ini akan memastikan warga Eropa selalu memiliki akses ke opsi pembayaran publik, baik tunai maupun digital.

Seiring dengan perkembangan teknologi, penting bagi regulator untuk tetap up-to-date dan memastikan bahwa inovasi seperti DAO dapat berkembang dalam lingkungan yang aman dan teratur.

Dengan pendekatan yang tepat, kita dapat memastikan bahwa teknologi ini memberikan manfaat maksimal bagi masyarakat tanpa mengorbankan keamanan dan stabilitas.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: