Seniman Makin Dihargai! Platform NFT eBay Luncurkan Smart Contract Creator

Seniman Makin Dihargai! Platform NFT eBay Luncurkan Smart Contract Creator

eBay baru saja merilis creator contract beta yang telah diuji oleh pengguna dengan jumlah 84 kontrak dikerahkan dan 250 NFT yang telah dicetak sejauh ini.

Berdasarkan sebuah posting di Twitter pada 16 Februari 2023, platform marketplace NFT bernama **KnownOrigin milik perusahaan e-commerce eBay dilaporkan akan meluncurkan smart contract creator untuk para seniman.

Apa tujuan pengembangan smart contract creator ini dan apa yang sedang direncanakan eBay kedepannya? Simak informasi selengkapnya seperti dilansir laman The Bit Times berikut ini.

Pembagian Royalti NFT Kini Bisa Dilakukan dengan Mudah

Melalui smart contract ini, seniman dapat membagi pendapatan dan mendapatkan royalti sebagai co-creator. Mulai 24 Februari 2023 dan seterusnya, semua kreator yang disetujui KnownOrigin akan dapat membuat karya berdasarkan kontrak mereka sendiri untuk kemudian dirilis secara publik. Uniknya penerapan ini tidak akan membutuhkan pengetahuan pengkodean.

Baca Juga: NFT Makin Bullish! Penjualan NFT Melonjak Hingga 52% Setelah Tahun Baru

Juni tahun 2022 lalu, KnownOrigin telah diakuisisi oleh eBay dengan harga yang dirahasiakan. Menurut salah satu pendirinya David Moore, platform berbasis Ethereum (ETH) ini berupaya untuk memberdayakan creator dan kolektor NFT dengan memberi mereka kemampuan untuk memamerkan, menjual, dan mengumpulkan barang digital yang unik dan diautentikasi.

NFT Makin Populer di Tahun 2023, Apa Alasannya?

NFT XCOPY
NFT Pickers

eBay telah mengaktifkan listing NFT di marketplace-nya secara langsung sejak Mei 2021. Namun, perusahaan ini belum mengintegrasikan teknologi blockchain untuk mendukung transfer atau penjualan berbasis crypto di platform-nya.

Selama periode airdrop NFT pada Mei 2022 lalu, pengguna diharuskan menggunakan in-platform messaging atau email untuk menerima NFT mereka di luar platform. Didirikan pada tahun 2020, KnownOrigin dikenal memiliki komunitas seniman dan pencipta NFT yang berdedikasi.

Saat ini, koleksi terpopuler yang terdaftar di platform ini dibuat oleh XCOPY dengan jumlah 27 edisi NFT dan 559 penjualan NFT. Koleksinya telah mengumpulkan keuntungan sebesar 1.523,78 ETH atau senilai $2,56 juta yang setara dengan Rp38,8 miliar dalam total volume penjualan.

Sejak awal tahun 2023, penjualan NFT dikabarkan melonjak hingga 52%. Tak berhenti sampai di situ, kebangkitan NFT terus berlanjut dengan terjualnya beberapa pasang koleksi NFT bernilai tinggi dalam aktivitas perdagangan baru-baru ini, menurut laporan Decrypt. Apa yang mendorong kebangkitan popularitas NFT di tahun 2023? Simak informasi mengenai Pasar NFT Melambung di Tahun 2023 di sini.

*Disclaimer:

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: