Heboh! EBA dan ESMA Rilis Pedoman Baru untuk Penyedia Layanan Aset Crypto!

Heboh! EBA dan ESMA Rilis Pedoman Baru untuk Penyedia Layanan Aset Crypto!

Otoritas Perbankan Eropa (EBA) dan Otoritas Pasar dan Sekuritas Eropa (ESMA) baru-baru ini merilis pedoman baru yang berfokus pada penilaian kelayakan anggota badan manajemen dan pemegang saham atau anggota dengan kepemilikan signifikan dalam penerbit token referensi aset (ART) dan penyedia layanan aset crypto (CASP). Seperti apa penjelasan lengkapnya mengenai pedoman baru untuk crypto tersebut? Simak berita lengkapnya berikut ini!

Pedoman Baru untuk Penilaian Kelayakan

pedoman baru eba dan esma
Sumber: Decrypt

Dua lembaga ini merilis dua draf pedoman yang mencakup penilaian kelayakan anggota badan manajemen dan pemegang saham atau anggota dengan kepemilikan signifikan dalam penerbit ART dan CASP.

Pedoman bersama yang diusulkan ini menawarkan pendekatan bersama bagi otoritas regulasi untuk menilai kelayakan pemegang saham atau anggota, baik langsung maupun tidak langsung, yang memiliki saham signifikan dalam penerbit ART atau CASP.

Ini termasuk pemberian otorisasi untuk penerbitan ART dan CASP dan melakukan penilaian prudensial untuk akuisisi potensial. Pedoman untuk menilai kelayakan anggota badan manajemen dalam perusahaan penerbit ART dan CASP menawarkan kriteria standar untuk mengevaluasi pengetahuan, keahlian, integritas, dan kemampuan mereka untuk mencurahkan waktu yang cukup untuk memenuhi tanggung jawab mereka.

Baca Juga: Revisi Regulasi Cryptonya, Malta Siap Implementasikan MiCA

Tujuan Pedoman Baru

screenshot kertas konsultasi
Screenshot kertas konsultasi. Sumber: Otoritas Perbankan Eropa

Pedoman ini bertujuan untuk menjaga integritas dan menanamkan kepercayaan di pasar crypto dan layanan terkait serta meminimalkan potensi ketidaksesuaian dalam penerapan aturan dan arbitrase.

Periode konsultasi masih terbuka hingga 22 Januari 2024. Sebagai antisipasi terhadap regulasi yang akan datang, regulator perbankan Uni Eropa mendorong penerbit stablecoin untuk secara sukarela mematuhi prinsip-prinsip panduan tertentu yang terkait dengan manajemen risiko dan perlindungan konsumen.

Baca Juga: Regulasi MiCA: Pemicu Gelombang Baru Investasi Crypto di Uni Eropa!

Regulasi Pasar Aset Crypto

Pada 12 Juli, EBA merilis serangkaian langkah awal untuk masukan publik, dengan tujuan untuk menjelaskan persyaratan regulasi Pasar dalam Aset Crypto, yang diatur untuk diberlakukan pada 30 Juni 2024.

Regulasi baru ini adalah inisiatif lain dalam kerangka regulasi Pasar dalam Aset Crypto (MiCA), yang diadopsi pada musim semi tahun ini. Peraturan ini diharapkan mulai berlaku tahun depan dan akan membantu memudahkan masuknya perusahaan crypto ke pasar Eropa, dan mulai 2025, transaksi crypto akan diatur.

Dengan pedoman baru ini, EBA dan ESMA berharap dapat memberikan kejelasan dan harmonisasi terkait kriteria penilaian kelayakan badan manajemen, pemegang saham dan anggota dengan kepemilikan signifikan, sehingga mengurangi risiko arbitrase dalam penerapan aturan.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: