Terungkap! dYdX Luncurkan Kode Sumber Terbuka untuk Blockchain Barunya

author:

Terungkap! dYdX Luncurkan Kode Sumber Terbuka untuk Blockchain Barunya

Dalam dunia yang semakin digital, perkembangan teknologi blockchain terus berlanjut. Salah satunya adalah dYdX Trading, perusahaan berbasis di Amerika Serikat yang mengembangkan bursa derivatif terdesentralisasi dYdX, baru-baru ini merilis kode sumber terbuka untuk blockchain independennya. Bahas lebih lanjut, yuk!

Luncurkan Kode Sumber Terbuka

dydx luncurkan buku pesanan di cosmos
Sumber: The Block

Peluncuran kode sumber terbuka ini menandai fase awal peluncuran mainnet dYdX Chain. Versi baru ini, dYdX V4, merupakan versi upgrade dari bursa derivatif populer sebelumnya.

Baca juga: Prediksi Harga dYdX 2023: Melonjak 168% Dalam 1 Bulan, dYdX Berpotensi Bullish?

Menurut pendiri dan CEO dYdX Trading, Antonio Juliano, dYdX Chain membawa transparansi dan keamanan ke perdagangan derivatif dengan bursa yang dijalankan sepenuhnya oleh kode dan dikendalikan oleh penggunanya.

Peningkatan ini melibatkan transisi dari blockchain layer-2 berbasis Ethereum ke protokol proof-of-stake berbasis Cosmos, yang dijamin dan diatur oleh pemegang token DYDX. Kode ini diperkenalkan sebagai proposal tata kelola yang akan mencari persetujuan dari pemegang token DYDX dan dukungan dari “serangkaian validator pihak ketiga, node, dan kontributor komunitas lainnya” untuk memfasilitasi peluncuran mainnet dYdX.

Transisi ke Perusahaan Manfaat Publik

Selain itu, perusahaan juga baru-baru ini mengumumkan transisi dalam piagam perusahaannya untuk menjadi Perusahaan Manfaat Publik (PBC). Sebuah PBC memiliki tujuan ganda untuk mengumpulkan keuntungan dengan komitmen untuk memberikan manfaat bagi masyarakat dan lingkungan.

Nathan Cha, kepala pemasaran di dYdX, mengatakan bahwa dYdX Chain akan bersifat tanpa izin, memungkinkan pengguna untuk mengakses rantai dari mana saja. Namun, versi baru protokol ini “tidak akan tersedia untuk pengguna AS,” menurut tweet terbaru dari Juliano.

Baca juga: dYdX Ungkap Laporan Setengah Tahun 2023, Ini Dia Pencapaiannya!

Masa Depan dYdX

Meski demikian, Juliano menambahkan bahwa dYdX Trading tidak memiliki kontrol atas validator, “karena itu terserah pada staking,” dan karena kode tersebut bersifat sumber terbuka, “kami tidak bisa menegakkan bagaimana itu digunakan.”

Namun, dia mencatat bahwa lisensi sumber terbuka ditulis sedemikian rupa sehingga dapat dicabut jika digunakan untuk aktivitas ilegal, dan perusahaan hanya akan memberikan dukungan teknis kepada pengguna non-AS.

Cha mengatakan kepada Decrypt bahwa,

“dYdX Trading memantau semua hukum untuk sepatutnya patuh. Namun, kami sebagai perusahaan tidak akan lagi menjalankan infrastruktur apa pun di belakang dYdX Chain baru dan semuanya akan dijalankan oleh pihak ketiga.”

Secara keseluruhan, dengan peluncuran kode sumber terbuka ini, dYdX Trading menunjukkan komitmennya untuk transparansi dan keamanan dalam perdagangan derivatif. Ini adalah langkah besar dalam misi mereka untuk mendemokratisasi akses ke peluang finansial melalui teknologi blockchain.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: