Skandal Teknologi Guncang Pasar Crypto: dYdX Chain Terhenti Pasca Pembaruan

Skandal Teknologi Guncang Pasar Crypto: dYdX Chain Terhenti Pasca Pembaruan

Jakarta, Pintu News – Pasar crypto baru-baru ini dikejutkan oleh insiden yang melibatkan dYdX, sebuah protokol keuangan terdesentralisasi (DeFi), yang mengalami penghentian produksi blok setelah menjalani pembaruan terjadwal. Insiden ini menimbulkan kekhawatiran di kalangan investor dan pengguna tentang stabilitas dan keandalan teknologi blockchain. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Pembaruan Berujung pada Penghentian

Pada tanggal 8 April, dYdX mengumumkan bahwa mereka sedang menyelidiki penghentian produksi blok yang terjadi selama pembaruan terjadwal. Meskipun pemeliharaan dijadwalkan selesai, produksi blok pada rantai tidak dapat dilanjutkan, menimbulkan kekhawatiran serius mengenai integritas dan keamanan jaringan.

Tim dYdX segera terjun untuk men-debug masalah tersebut, namun mengindikasikan bahwa solusi mungkin tidak akan ditemukan dalam beberapa jam ke depan. Hal ini menimbulkan spekulasi dan ketidakpastian di kalangan komunitas crypto, mengingat pentingnya kelancaran produksi blok untuk operasional sebuah blockchain.

Baca Juga: Volume Perdagangan Harian dYdX Berhasil Ungguli Uniswap!

Penyebab dan Solusi

block mainnet dydx
Blok yang diproduksi oleh mainnet dYdX (zona waktu GST). Sumber: Node Guru

Investigasi lebih lanjut mengungkapkan bahwa penghentian tersebut disebabkan oleh implementasi yang salah dari sebuah patch bug di perpustakaan Cosmos IAVL. Masalah ini menyebabkan korupsi pada keadaan jaringan selama pembaruan, namun dYdX berhasil mengatasi masalah perangkat lunak tersebut dan memulihkan produksi blok.

Upaya kolaboratif para validator memainkan peran kunci dalam menerapkan perbaikan dan merestart jaringan, memastikan bahwa tidak ada perubahan yang merusak keadaan jaringan sebelumnya. Meskipun demikian, insiden ini menyoroti kerentanan yang dapat terjadi selama pembaruan protokol dan pentingnya pengujian yang menyeluruh sebelum implementasi.

Baca Juga: dYdX Bagikan Jadwal Migrasi dari Ethereum ke Cosmos, Harganya Langsung Naik?

Dampak dan Respons Komunitas

Meskipun insiden ini menyebabkan gangguan, aktivitas perdagangan di platform perdagangan berjangka dYdX tidak terpengaruh. Pembaruan versi 4 Chain dYdX memperkenalkan sejumlah peningkatan kecil dan fitur baru yang memungkinkan komunitas untuk memberikan suara terhadap validator yang buruk.

Komunitas dYdX telah memberikan dukungan penuh untuk pembaruan tersebut, meskipun terjadi gangguan. Insiden ini menggarisbawahi pentingnya kesiapan dan respons cepat dalam menghadapi masalah teknis di dunia crypto, serta pentingnya komunikasi yang transparan dengan komunitas.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: