DXY dan Dampaknya pada Pasar Crypto: Memahami Kekuatan Dolar AS

DXY dan Dampaknya pada Pasar Crypto: Memahami Kekuatan Dolar AS

Indeks Dolar AS (DXY) adalah ukuran nilai dolar AS relatif terhadap mata uang asing.

Dengan perubahan nilai dolar, pasar crypto seringkali merespons dengan fluktuasi harga. Namun, apa sebenarnya DXY dan bagaimana hubungannya dengan pasar crypto?

Apa Itu DXY?

DXY adalah ukuran nilai dolar AS terhadap keranjang 6 mata uang asing utama: Euro, Yen Jepang, Dolar Kanada, Pound Sterling, Krona Swedia, dan Franc Swiss.

Indeks ini didirikan oleh Federal Reserve AS pada tahun 1973 setelah pembubaran Perjanjian Bretton Woods dan saat ini dikelola oleh ICE Data Indices.

Baca Juga: Crypto Bertemu AI: Bagaimana ‘Ta-Da’ Mengubah Cara Kita Melatih AI dan Mengapa Ini Penting?

Meskipun dolar AS adalah mata uang cadangan dunia, kekuatan relatifnya terhadap mata uang lain dapat memberikan wawasan tentang kesehatan ekonomi AS dan dampaknya terhadap pasar global.

DXY dan Pasar Crypto

ETH, BTC, dan Dolar AS
AdobeStock

Sebuah dolar AS yang kuat seringkali memiliki korelasi negatif dengan harga aset seperti emas dan crypto. Artinya, ketika DXY naik, harga Bitcoin dan crypto lainnya cenderung turun.

Alasan di balik fenomena ini adalah bahwa ketika dolar kuat, investor cenderung memindahkan aset mereka ke dolar, yang dianggap sebagai aset “safe haven“.

Namun, ketika dolar melemah, investor mencari aset lain untuk melindungi kekayaan mereka dari inflasi, yang seringkali termasuk crypto.

Bagaimana DXY Dapat Mempengaruhi Investasi Kamu?

Memahami pergerakan DXY dapat membantu investor membuat keputusan yang lebih tepat tentang kapan harus membeli atau menjual aset crypto.

Selain itu, dengan memantau DXY, investor dapat memperoleh wawasan tentang kondisi ekonomi global dan bagaimana hal itu dapat mempengaruhi pasar crypto.

Dengan mengetahui hubungan antara DXY dan crypto, investor dapat memanfaatkan peluang dan melindungi portofolio mereka dari volatilitas pasar.

Baca Juga: DCEP China: Mata Uang Digital Masa Depan yang Mengguncang Dunia

DXY adalah alat penting yang dapat membantu investor memahami dinamika pasar crypto dalam konteks yang lebih luas.

Dengan memahami hubungan antara kekuatan dolar dan pasar crypto, investor dapat membuat keputusan yang lebih tepat dan memaksimalkan potensi keuntungan mereka.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: