Heboh Pencurian Digital Jutaan Euro di Industri Crypto: Tersangka Dilepaskan Tanpa Sanksi!

Heboh Pencurian Digital Jutaan Euro di Industri Crypto: Tersangka Dilepaskan Tanpa Sanksi!

Pernahkah kamu mendengar tentang kejahatan siber yang pelakunya tidak mendapat hukuman? Inilah yang terjadi dalam insiden serangan terhadap platform crypto Platypus, dimana dua saudara lelaki berhasil menghindari hukuman dengan mengklaim diri sebagai ‘hacker etis’. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Penangkapan yang Tidak Berujung Hukuman

Dua saudara, Mohammed M. dan Benamar M., menemukan dan memanfaatkan kerentanan keamanan pada platform crypto Platypus, mengakibatkan kehilangan dana sebesar $8,5 juta. Mereka ditahan dan mengakui perbuatan mereka di pengadilan pada tanggal 26 Oktober, dengan alasan bahwa mereka adalah ‘hacker etis’ yang bermaksud mengembalikan dana yang diambil dengan syarat mendapatkan 10% dari total dana yang diretas.

Namun, setelah proses peradilan, hakim di Paris memutuskan untuk membebaskan kedua saudara tersebut dari tuduhan pidana. Keputusan ini didasarkan pada pandangan bahwa tindakan mereka serupa dengan program ‘bug bounty’, di mana para hacker berusaha menemukan kerentanan untuk mendapatkan hadiah dari entitas yang sistemnya mereka uji.

Baca Juga: Identitas Hacker yang Bobol Poloniex Terungkap, Hadiah $10 Juta Menanti!

Kerugian Bertubi-tubi bagi Platypus

kerugian platypus
Sumber: Crypto Daily

Platypus, yang sudah menderita kerugian signifikan dari serangan tersebut, kembali terpukul dengan kehilangan tambahan $2,2 juta dalam serangan flash loan yang berbeda. Lembaga keamanan blockchain CertiK mengungkapkan bahwa serangan terkini ini terjadi dalam tiga fase, dengan total kerugian mencapai jutaan dolar dalam berbagai bentuk mata uang crypto.

Walaupun mengalami serangan beruntun, Platypus berhasil mengamankan kembali 90% dari dana yang hilang setelah mencapai kesepakatan dengan para peretas. Namun, peristiwa ini menimbulkan kekhawatiran mendalam mengenai keamanan dan kelangsungan hidup platform crypto di tengah serangan siber yang semakin meningkat.

Baca Juga: Waspada! Targetkan Pengguna Crypto, Hacker China Lakukan Skema Phishing!

Dampak Hukum dan Keamanan dalam Industri Crypto

Peristiwa ini menyoroti kelemahan dalam sistem peradilan yang berkaitan dengan kejahatan siber di sektor crypto. Meskipun para pelaku mengklaim sebagai ‘hacker etis’, banyak pihak yang meragukan keputusan pengadilan yang membebaskan mereka tanpa hukuman. Insiden ini juga memicu diskusi lebih dalam tentang perlunya peningkatan keamanan pada platform crypto untuk menghindari kerugian yang lebih besar.

Kasus ini juga menjadi peringatan bagi komunitas crypto bahwa keamanan harus menjadi fokus utama. Seiring dengan meningkatnya nilai dan popularitas crypto, ancaman serangan siber menjadi lebih nyata dan memerlukan tindakan yang cepat dan efisien dari semua pihak yang terlibat.

Kejadian pembebasan para pelaku pencurian crypto ini memberikan pelajaran penting bagi industri crypto dan sistem peradilan. Hal ini menunjukkan bahwa masih banyak yang harus dilakukan untuk memastikan penegakan hukum yang adil dan perlindungan aset digital dari aktivitas kriminal.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: