2 Platform Crypto Milik Justin Sun Dibobol Hacker, Kena Hack $128,6 Juta?

2 Platform Crypto Milik Justin Sun Dibobol Hacker, Kena Hack $128,6 Juta?

Dua platform crypto yang terkait dengan pengusaha digital ternama, Justin Sun, baru-baru ini menjadi korban perampokan digital. Diperkirakan, kerugian yang ditimbulkan mencapai $128,6 juta.

HTX: Korban Hack $13,6 Juta

HTX, bursa crypto yang sebelumnya dikenal sebagai Huobi Global, mengalami kerugian sebesar $13,6 juta akibat serangan peretasan pada 22 November. Meski demikian, HTX berjanji akan segera mengembalikan layanan deposit dan penarikan dalam waktu 24 jam.

HTX menegaskan bahwa kerugian ini hanya sebagian kecil dari total dana platform dan tidak mempengaruhi operasional mereka. Sehari sebelumnya, Huobi menjadi korban peretasan yang menguras $13,6 juta dari dompet crypto bursa ini.

Baca Juga: Senator Warren Beri Tekanan ke Industri Crypto: Apakah CBDCs Akan Segera Muncul?

Peristiwa ini merupakan bagian dari serangan terkoordinasi sebesar $86,6 juta terhadap jembatan HTX Eco (HECO) Chain, yang melibatkan HTX, Tron, dan BitTorrent. Ketiga entitas ini terkait atau secara de facto dikendalikan oleh pengusaha blockchain asal China, Justin Sun.

Heco Chain: Kerugian $115 Juta

Kenali Penipuan dengan Kedok Investasi Crypto dan Cara Menghindarinya! | Aplikasi Pintu
Hacker working on computer cyber crime

Selain HTX, Heco Chain juga menjadi korban serangan peretasan. Heco Chain adalah jembatan blockchain yang menghubungkan berbagai jaringan untuk memungkinkan pertukaran dan pergerakan berbagai crypto dengan cepat.

Sayangnya, jaringan ini terbukti rentan terhadap peretasan. Menurut analisis dari firma analitik pasar CryptoQuant, total kerugian dari Heco Chain mencapai $85,4 juta. Kerugian ini sebagian besar dalam bentuk stablecoin USDT dan ether. Selain itu, sejumlah besar HBTC, mata uang crypto asli HTX, juga dicuri.

Paragraf Penutup

Peristiwa ini menambah daftar panjang serangan peretasan yang menimpa industri crypto. Dalam dua bulan terakhir, entitas yang terkait dengan Justin Sun telah mengalami empat kali peretasan. Peretasan terbesar adalah eksploitasi Poloniex sebesar $100 juta pada 10 November yang disebabkan oleh kompromi kunci pribadi.

Baca Juga: Skandal Binance dan Keruntuhan FTX: Bukti Kuat Perlunya Regulasi MiCA!

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi