DTCC Tolak Jaminan untuk ETF Terkait Bitcoin, Harga Bitcoin Anjlok!

DTCC Tolak Jaminan untuk ETF Terkait Bitcoin, Harga Bitcoin Anjlok!

Jakarta, Pintu News – Harga Bitcoin (BTCUSD) jatuh ke level terendah $62.801 pada hari Sabtu pagi dari $63.476 pada hari Jumat malam setelah Depository Trust and Clearing Corporation (DTCC) mengumumkan bahwa mereka tidak akan mengalokasikan jaminan apa pun untuk exchange-traded funds (ETF) yang terekspos pada Bitcoin atau mata uang crypto lainnya dan tidak akan memberikan pinjaman terhadapnya yang akan berlaku efektif pada tanggal 30 April 2024.

DTCC Tolak Jaminan untuk ETF Terkait Bitcoin

DTCC adalah perusahaan jasa keuangan yang menyediakan layanan kliring dan penyelesaian untuk pasar keuangan. Keputusan ini menyiratkan bahwa entitas keuangan yang menggunakan layanan kliring dan penyelesaian DTCC tidak akan dapat menggunakan ETF Bitcoin terkait mata uang crypto sebagai jaminan ketika mencari kredit atau terlibat dalam aktivitas pembiayaan serupa melalui sistem DTCC.

Baca Juga: Liquid Staking: Cara Baru untuk Mendapatkan Keuntungan dari Crypto

Perubahan tersebut diperkirakan akan memengaruhi bagaimana ETF ini diperlakukan dalam hal stabilitas keuangan dan penilaian kredit, CoinTelegraph melaporkan. Namun, dalam sebuah postingan X, analis mata uang crypto K.O.

Kryptowaluty mengklarifikasi bahwa ini hanya akan berlaku untuk penyelesaian antar-entitas dalam sistem jalur kredit. Jalur kredit adalah pengaturan pinjaman antara lembaga keuangan dan individu atau entitas yang memungkinkan peminjam untuk menarik dana hingga batas kredit yang telah ditentukan.

Dampak Terbatas pada Pasar yang Lebih Luas

etf bitcoin bank besar
Generated by Ai

Meskipun ada peraturan baru DTCC, pasar yang lebih luas dan aktivitas pialang mungkin melihat dampak yang kecil. Menurut K.O. Kryptowaluty, penggunaan ETF mata uang crypto sebagai jaminan atau untuk tujuan pinjaman dapat terus berlanjut atas kebijakan masing-masing perusahaan pialang, tergantung pada strategi dan toleransi manajemen risiko mereka.

“Penggunaan ETF mata uang crypto untuk pinjaman dan sebagai jaminan dalam operasi pialang tetap tidak berubah dan terus bergantung pada selera risiko masing-masing pialang. Abaikan kepanikan yang tidak berdasar; tidak ada hal substansial yang terjadi,” tulis K.O. Kryptowaluty di X, sebelumnya Twitter.

Meningkatnya Minat Institusional pada Mata Uang Crypto

Diperkenalkannya ETF Bitcoin spot di Amerika Serikat tahun ini memicu peningkatan minat institusional pada mata uang crypto. Dalam waktu tiga bulan sejak peluncurannya, semua ETF Bitcoin yang berbasis di AS telah mengumpulkan lebih dari $12,5 miliar dalam aset yang dikelola. Namun, arus masuk bersih ke ETF baru-baru ini melambat, menurut CoinTelegraph. Beberapa penerbit ETF telah melaporkan arus keluar yang signifikan baru-baru ini.

Penutup

Keputusan DTCC untuk menolak jaminan untuk ETF terkait Bitcoin telah menyebabkan penurunan harga Bitcoin. Namun, dampaknya pada pasar crypto yang lebih luas dan aktivitas pialang mungkin terbatas. Meningkatnya minat institusional pada mata uang crypto dapat terus mendorong pertumbuhan pasar mata uang crypto dalam jangka panjang.

Baca Juga: Hari Q Semakin Dekat: Bisakah Ethereum Selamat dari Krisis Kuantum?

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi